Menengok Sentra UKM Merr.

Swaraguna - Rabu siang pukul 11.00wib Swaraguna berkesempatan untuk mengunjungi salah satu sentra UKM Merr yang berada di kecamatan Rungkut Surabaya. Sesuai dengan namanya lokasi dari gerai UKM ini berada persis di Jalan Sukarno-Hartta Merr. Bangunan dengan dominasi warna kuning ini mempunyai arsitektur yang cukup menarik dengan ornamen kaca berwarna gelap di depannya. Gedung yang di resmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada 16 Desember yang lalu ini memiliki 4 Lantai, 3 Lantai untuk produk UKM dan 1 lantai teratas yang di gunakan untuk pelatihan.

Memasuki pintu utama lantai satu, kita akan di sambut oleh ruangan receiption room seperti yang ada di perkantoran Di lantai ini kita bisa melihat beragam handycraft buatan para (Usaha Kecil menengah)UKM yang ada di Surabaya. Beragam handycraft banyak terdapat di sini, mulai dari yang terbuat dari kerang, bunga kering,kaca hias,Eceng gondok, Rotan dan tak ketinggalan boneka nusantara yang sudah terkenal hingga ke manca negara. Masuk ke lantai dua terdapat gerai yang bersifat fashion. Mulai dari baju, kaos, Mukena,tas serta aksesoris penunjangnya. di lantai ini juga terdapat beragam kain batik , mulai batik mangrove hinggga batik "Bayu Sumilir" yang harganya bisa mencapai Rp 7juta perlembarnya. Naik lagi ke lantai tiga, waktunya mengisi perut, karena di sini tempatnya seluruh aneka camilan khas suroboyo. Keripik singkong, keripik tempe , kue pia dan minuman serta sambal khas suroboyo tersedia lengkap disini.

Konsep yang di usung oleh Sentra UKM Merr ini adalah "Pameran". jadi semua produk UKM yang terdapat di gedung ini adalah contoh kecil saja, kalau ada yang membutuhkan dalam partai besar akan, akan segera di hubungkan langsung dengan UKM yang membuatnya. Tetapi apabila ada pengunjung yang akan membeli, dan stok yang tersedia mencukupi masih bisa dilayani, hanya sayangnya belum tersedia mesin kasir di sini, sehingga pembeli masih di layani secara manual. "Semua produk UKM yang ada di sini merupakan binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya" tutur salah satu pegawai yang ada di gerai tersebut. "Kalau ada tamu pemkot, atau wisatawan baik dari dalam maupun luar kota, kalau ingin mencari oleh-oleh khas Surabaya bisa langsung di arahkan kesini"tambahnya. (Yanuar Yudha).

reception room
lantai 1 gerai handycraft
lantai 2 gerai fashion
lantai 3 gerai makanan
salah satu pengunjung sedang melihat produk handycraft

      



Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar