Nikah Ga Ribet Daftar Cukup Via Online

Swaraguna - Pemerintah Kota Surabaya saat ini sedang berupaya memanfaatkan teknologi khususnya internet untuk memudahkan memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya. Salah satunya yang terbaru adalah pendaftaran NIKAH VIA ONLINE. 

Proses Online ini di harapkan bisa mempercepat waktu pelayanan dan yang pasti masyarakat bisa terlayani lebih cepat. Sementara fasilitas ini hanya bisa di manfaatkan oleh warga non muslim, karena untuk warga muslim masih harus melewati proses di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. 

Selama ini warga harus tiga kali bolak-balik ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil) Surabaya yang berada di jalan Manyar Kertoarjo. Pertama mereka melakukan pendaftaran dengan mengisi form yang telah di sediakan, lalu mereka menikah sesuai dengan agama masing-masing, setelah itu mereka datang ke kantor dispendukcapil untuk melakukan pencatatan, terakhir mengambil akta nikah setelah tujuh hari dari waktupencatatan.Dengan pendaftaran via online ini warga yang ingin menikah cukup mendaftar lewat website dan tidak perlu datang ke kantor dispendukcapil. "jadi mereka hanya datang ke kantor dispendukcapil cukup dua kali saja"terang Suharto Wardoyo Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surabaya.

Pendaftaran online dilakukan sebelum yang bersangkutan menikah, setelah itu waktu pernikahan dan pencatatan akan di umumkan dispendukcapil lewat website agar kedua mempelai dan petugas mengetahui jadwal pencatatan. Mereka akan di berikan waktu sepuluh hari setelah pendaftaran untuk mencatatkan pernikahannya, hal ini untuk mengantisipasi adanya persoalan di belakang hari, misalnya salah satu pasangan pernah menikah atau masih merupakan suami/istri orang lain. (Yanuar Yudha)

  
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar