Pakai KIP SNM PTN Dan SBM PTN GRATIS

Pakai KIP SNM PTN Dan SBM PTN GRATIS

Swaraguna - Rencana pemerintah  untuk menggratiskan biaya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN) bakal terealisasi.  Rencana penggratisan kedua item seleksi masuk PTN ini berdasarkan Audiensi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTNI) dengan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir. di jakarta pada tanggal 19/12/2014.

Penggratisan ini di tujukan kepada siswa yang tidak mampu dan telah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP). Mahasiswa ini selama masa kuliah juga akan berpeluang mendapatkan Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidik Misi). nantinya masing-masing PTN dapat menampung sedikitnya 20persen mahasiswa miskin.

Bagaimana dengan Jalur Mandiri...? peserta untuk jalur ini biaya seleksinya tidak gratis, tetapi jika memang di terima dan berasal dari keluarga kurang mampu, akan di berikan keringanan biaya. Untuk kalangan ini merekan bisa masuk ke golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT-1) atau (UKT-2). Komposisi penerimaan amahasiswa baru tetap seperti tahun kemarin yaitu 50% untuk SNm-PTN, 30%untuk SBM-PTN dan 20%utntuk jalur mandiri.

Saat inipun Universitas Negeri yang terletak di Gunung Anyar juga bersiap untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru pertama kalinya tahun ini sejak di resmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri.UPN di tahun  akademik 2014-2015 ini akan menerima sekitar 4ribu mahasiswa baru. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar