Pemerintah Gratiskan Biaya Pendirian Koperasi

Swaraguna - Ada kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro, pemerintah yaitu Kemenkop bakal menggratiskan biaya dan memberikan kemudahan dalam pendirian koperasi. Hal ini di karenakan masih sulitnya pelaku usaha miro untuk mengakses permodalan ke perbankan.. Kebijakan ini melalui kerjasama dengan PP-INI (Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia.

Berdasarkan data dari kementrian Koperasi dan UMKM jumlah koperasi di Indonesia saat ini mencapai 206.288 dari angka sekian hanya 60% yang aktif,, sedangkan jumlah UKM di Indonesia sebesar 56 juta. Tidak semua pelaku UKM bisa mengakses modal melalui kredit perbankan, hal ini di karenakan salah satu persyaratannya harus mempunyai badan hokum, padahal hamper semua usaha mikro belum berbadan hukum.

Berdasarkan kasus di atas , Menteri Koperasi dan UKM Anak agung Gede Ngurah Puspayoga menyatakan agar pelaku usaha mikro bergabung dan membentuk koperasi. Dalam hal ini koperasi bisa menjadi Channeling dalam penyaluran kredit , karena koperasi sudah pasti mempunyai badan hukum. “kami akan gratiskan akta notarisnya” ujarnya di sela rapat sosialisasi MOU antara Kemenkop dan UKM dengan PP-INI.

Dengan adanya kebijakan ini di harapkan bisa mendorong semua usaha mikro dan kecil agar bisa naik level dan juga bisa menggairahkan pertumbuhan koperasi di Indonesia (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar