Surabaya, Kota Paling Siap Laksanakan Unas Online

Surabaya, Kota Paling Siap Laksanakan Unas Online

Swaraguna – Pada tahun 2017 mendatang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan untuk melaksanakan Ujian Nasional (Unas) secara online di seluruh Indonesia. Sistim yang akan di gunakan adalah Computer Based Test (CBT).

Mahdiansyah, Peneliti Balitbang Kemendikbud mengatakan bahwa pelaksanaan unas yang konvensional sudah tidak relevan lagi karena selain ribet juga mahal. Dengan system online tidak lagi di perlukan tender, tidak lagi memakai kertas maupun pensil, system penilaian langsung by computer, bahkan kedepan tidak ada lagi keruwetan distribusi soal yang kerap terjadi menjelang pelaksanaan ujian. “Memang pada awalnya diperlukan banyak dana untuk persiapan infrastruktur, baik computer, jaringan maupun SDM-nya,tapi kedepannya akan sangat ringan” tambahnya.

Sejatinya ada 3 kota yang di tunjuk untuk menjadi percontohan unas online yaitu Surabaya, Semarang dan Jogjakarta, ternyata hanya Surabaya yang siap melaksanakannya. Semarang dan Jogjakarta mengundurkan diri karena ketidaksiapan infrastruktur. Kemendikbud telah menyiapkan minites unas online bagi peserta maupun pendidik yang dapat di akses di minites.puspendik.org. awalnya siswa mendaftar dulu, setelah itu login kedalam minites tersebut, lalu bisa memilih mata pelajaran unas yang akan di kerjakan hari itu. Spesifikasi computer yang di gunakan adalah  CPU/prosesor  dual core dengan speed 2,4 GHz dan 2 port ethernet card. HDD SATA  40 GB. RAM  4 giga.Adapun server software menggunakan sistem operasi Edubuntu 14.04, LTSP Enable, dan tanpa root password. Tentunya juga di tambah koneksi internet, baik kabel maupun wifi.

Sebelumnya uji coba akan di laksanakan pada awal Desember 2014, tetapi karena terkendala persiapan, baru bisa di laksanakan pada pertengahan Desember ini. “Saat ini masih di lakukan pemantapan uji coba konfigurasi server, karena kemampuan server di tiap sekolah berbeda-beda, jadi masih butuh sedikit tambahan waktu” terang Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud Taufik Damarjati. (Yanuar Yudha)    
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar