Waspada Serangan Flu Di Musim Hujan

Swaraguna - Beberapa minggu ini kota Surabaya sudah merasakan dinginnya siraman air hujan. Bahkan di  beberapa kawasan sudah terlihat genangan air meskipun tidak terjadi banjir parah. Meskipun curah hujan belum terlalu tinggi tetapi hembusan angin yang kencang sudah berhasil membuat beberapa pohon besar bertumbangan. 

Selain hal tersebut di atas perlu juga di waspadai faktor serangan penyakit. Penyakit yang sering melanda dan patut di waspadai kala musim penghujan seperti ini adalah flu seperti Batuk dan Pilek. Penyakit yang di sebabkan oleh virus ini bisa menular melalui udara dan menginfeksi saluran pernafasan. Jangan sekali-kali meremehkan penyakit ini , karena bisa menimbulkan komplikasi yang lebih serius bila tidak di tangani dengan benar. Berikut kami uraikan cara-cara sederhana bagaimana menghindari penyakit tersebut :
  1. Pastikan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, karena tangan merupakan bagian tubuh yang kaya akan virus dan bakteri.   
  2. Perbanyak asupan vitamin C, vitamin ini bisa diperoleh dengan banyak mengkomsumsi buah dan sayuran, kalau perlu di tambah dengan tablet vitamin yang bisa di beli di apotik.
  3. Perbanyak makan ikan, produk hewani yang berasal dari air tawar maupun air laut ini telah di percaya mampu meningkatkan tingkat imunitas tubuh.        
  4. Komsumsi Yogurt, menurut penelitian makanan ini mampu memperkuat sel darah putih dalam menangkal virus.
  5. Istirahat yang cukup, selain berolahraga yang rutin, jangan lupakan istirahat karena dengan istirahat, tubuh kita akan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  6. Hindari mandi malam, sebisa mungkin hindari mandi malam, karena cuaca yang dingin akan mempengaruhi kesehatan badan apabila terpaksa mandi malam gunakanlah air hangat.
  7. Sirkulasi udara yang baik, pastikan rumah anda mempunyai aliran sirkulasi udara yang baik, sehingga ada pergantian udara yang teratur dan segar serta tidak membuat udara dalam rumah menjadi lembab (Yanuar Yudha)  
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar