Yayasan Nurul Hayat Lembaga Ummat yang Mandiri

Swaraguna - Yayasan berbasis Islami yang berlokasi di kawasan Gunung Anyar ini mulai berdiri pada tahun 2001. Yayasan yang bernama Nurul hayat ini sejak awal mempunyai cita-cita menjadi lembaga milik ummat yang mandiri, artinya untuk biaya operasional seperti gaji karyawan mereka tidak mengambil dari dana zakat dan sedekah ummat melainkan mengambilkan dari hasil usaha yayasan. Jadi donasi dari ummat berupa zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) 100% tersalurkan untuk mendukung program layanan sosial dan dakwah Nurul Hayat.

Yayasan dengan 18 cabang ini mempunyai layanan yang terbagi dalam bidang sosial dan komersial. Layanan di bidang social antara lain : layanan jemput zakat, pelatihan SDM dan koperasi jasa keuangan syariah. Sedangkan layanan di bidang komersial : yaitu usaha di bidang percetakan, pengobatan herbal, layanan aqiqoh, serta haji dan Umroh. Semua pelayanan ini menjangkau hingga 60 kabupaten dan kota di Indonesia.

Program-program yang di miliki oleh Nurul Hayat ini adalah :Pemberdayaan Yatim dan Dhuafa yang meliputi : Pesantren Anak Sholeh (PAS), Pesantren Anak Sholeh Penghafal Al Quran, Sahabat Yatim Cemerlang, Sekolah Anak Sholeh (SAS), Kampus Entrepreneur Penghafal Al Quran (KEPQ), Senyum Hari Raya.  Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa yang meliputi : Penciptaan Lapangan Kerja Mandiri, Insentif Bulanan Guru Al-Quran, Tanda Cinta Untuk Penghafal Al-Quran. Program Dakwah yang meliputi : Dakwah Center Nurul Hayat, majelis Ta’lim Abang Becak.Program kesehatan yang meliputi : Praktek Medis Sosial , Santunan Ibu Hamil dan Pengobatan , Aksi Tanggap Bencana.

Sebagai yayasan yang menampung dana dari masyarakat umum tentunya Nurul hayat ini telah mendapatkan audit oleh akuntan publik dengan nilai  “Wajar Tanpa Pengecualian”. Kinerjanya sendiri telah menerapkan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dan konsisten menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin). Berbagai penghargaan telah di terima oleh Yayasan yang beralamat di Perum IKIP Gunung Anyar B-48, yaitu Pro Poor Awards, Penghargaan Lembaga Peduli Anak dari Kementerian PP dan PA, Panti Asuhan terbaik dan lain-lain.(Yanuar Yudha).

Link Yayasan Nurul Hayat : http://nurulhayat.org/
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar