5 januari, Surabaya Wajib E-KTP

5 januari, Surabaya Wajib E-KTP
Swaraguna - Tahun 2015 Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan kebijakan yang cukup tegas terhadap warganya, yaitu mewajibkan E-KTP sebagai syarat utama dalam pengurusan administrasi kependudukan. Jika warga masih belum mempunyai E-KTP maka tidak akan di layani bila akan mengurus akta kelahiran, surat nikah, kartu keluarga dan sejumlah dokumen lainnya.

Suharto Wardoyo selaku pimpinan dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) mengatakan bahwa hal ini di lakukan agar semua warga Surabaya beralih ke E-KTP sehingga penyebaran E-KTP bisa merata. Menurutnya masih ada sebanyak 400 ribu warga yang belum beralih ke E-KTP. "Tidak ada alasan bagi warga Surabaya untuk tidak beralih ke E-KTP ,saat ini kita tidak pernah ada kekurangan blanko, bahkan Surabaya merupakan sati-satunya kota di Indonesia yang mempunyai kewenangan mencetak E-KTP sendiri" tegasnya.

E-KTP ini nantinya bukan untuk mengurus administrasi kependudukan, bahkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)-pun mewajibkan adanya kartu ini bila ingin mendaftar sebagai peserta, hal ini sesuai dengan peraturan Kementrian Dalam negeri (Kemendragri) nomor 471 bahwa warga yang akan mengurus BPJS Kesehatan harus menggunakan KTP elektronik. (Baca bpjs akan merger dengan E-KTP). Hal ini juga berlaku bagi warga yang akan mengurus surat tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Suharto menghimbau kepada seluruh warga yang belum mempunyai E-KTP segera melakukan perekaman data di kecamatan masing-masing, sehingga data-datanya bisa masuk ke Dispendukcapil Surabaya.(Baca :Pengurusan E-KTP Di Mal Telah Di Stop) (Yanuar Yudha)







Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar