Langkah-langkah pembuatan SIM A/C

Swaraguna - Bagi adik-adik yang berusia di atas 17 tahun tentunya sudah bersiap diri untuk membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM). Untuk di Surabaya pembuatan SIM ini bisa di lakukan di Satuan penyelenggara Administrasi (Satpas) pembuatan SIM di Jl. Colombo, lokasinya dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Tes Kesehatan
    Tes kesehatan ini berupa tes mata. Kita di haruskan membaca huruf yang di tempelkan di tembok pada jarak tertentu. Setelah lolos akan di tanya oleh petugas apakah sudah mengetahui golongan darah kita sendiri, jika belum maka akan di lakukan screening golongan darah di tempat ini. Biaya tes darah ini sebesar Rp 20.000.

2. Formulir Pendaftaran Permohonan SIM
    Formulir kesehatan ini bisa di peroleh di loket bank BRI yang ada di area tersebut dengan menunjukkan hasil tes kesehatan tadi. Untuk mengisinya ga perlu bingung karena sudah ada contohnya yang di pasang di tempat pengisian formulir.

3. Knowledge Room
    Formulir yang telah di isi pada langkah 2, langsung aja di serahkan ke bagian Knowlegde Room. Di sini kita akan di berikan buku yang isinya soal-soal lalulintas beserta jawabannya.

4. Ujian Teori
    Setelah menghapal soal beserta jawabannya di Knowlegde Room kita akan di uji di ruangan ini dengan menggunakan program Audio Visual Integrated System (AVIS) yaitu pengerjaan secara komputer. Kapasitas dari ruangan ini sebanyak 30 orang, masing-masing peserta tes ini akan mengerjakan 30 soal yang harus di selesaikan dengan waktu 25 detik/soalnya. Setelah selesai mengerjakan peserta akan segera mengetahui skor-nya masing masing. Skor sempurna adalah 100, untuk bisa lulus nilainya harus di atas 50.

Baca Juga :  Soal Ujian Teori Sim C


5. Ujian Praktek
    Seperti namanya di tempat ini keahlian kita membawa kendaraan baik roda 2 untuk sim C dan roda 4 untuk simA akan di uji. Untuk kendaraan telah di sediakan oleh Satpas. Untuk kendaraan roda 2 (motor) yang paling sulit adalah melewati lajur yang membentuk angka8, sedangkan untuk mobil yang paling kritis adalah saat harus berhenti di tanjakan tanpa menggunakan rem dan saat tes parkir mobil. Usahakan lulus ya sob, sebab kalu tidak kita harus mengulang lagi dalam jangka waktu 2 minggu.

6. Bayar biaya pembuatan SIM atau BNPB  
    Setelah di nyatakan LULUS maka peserta harus membayar pembuatan SIM yang di inginkan. Ketentuannya sebagai berikut :
a. Untuk SIM A, B1, B2, A umum : Rp 120.000
b  Untuk SIM C : Rp 100.000

7. Loket Foto.
    Ini adalah tahapan terakhir dari semua proses yang ada, yang di butuhkan di tempat ini adalah kesabaran karena memang waktu tunggunya lumayan lama. Selesau foto peserta bisa langsung membawa pulang SIM yang di inginkannya.

Catatan: 
1. Keseluruhan proses ini memakan waktu 3-4 jam
2. Bawa alat tulis (ballpoint) dan siapkan fotocopy KTP secukupnya, karena ongkos fotocopy di tempat ini MUAHALLLL.
3. Jangan tergoda oleh calo, biasanya calo akan mengenakan tarif  Rp 350.000 - Rp 400.000 diluar biaya pembuatan SIM. (Yanuar Yudha)  

Artikel menarik lainnya :
Ciri POM Bensin Pasti PAS
Menjaga Keawetan Ban Motor atau Mobil
Tips Berkendara Hemat BBM
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

1 comments:

  1. akhirnya ketemu juga
    tempat sim yang dicari dari tadi
    terima kasih ya

    BalasHapus