Maret 2015, Tiket Kereta Api Ekonomi Turun Harga Lagi

Maret 2015, Tiket Kereta Api Ekonomi Turun Harga Lagi
Swaraguna - Kabar yang cukup menggembirakan datang dari PT.kereta Api Indonesia (KAI) bahwa mulai tanggal 1 maret 2015 tarif kereta api kelas ekonomi yang semula melonjak naik sejak tanggal 1 januari 2015 akan kembali turun (baca: Tarif Kereta Api Akan Naik Awal Tahun Depan). Penurunan Tiket Murah ini berlaku untuk KA ekonomi jarak jauh dan KA ekonomi jarak menengah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Hal ini di karenakan telah di tandatanganinya kontrak pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) antara Direktorat Jenderal Perkertaapian Kementrian Perhubungan dan PT. Kereta Api Indonesia.

Jangka waktu tarif subsidi berdasarkan PSO ini adalah dari 1 maret 2015 sampai 19Juni 2015 bagi kereta api ekonomi jarak jauh dan 30 Juni 2015 untuk kereta api ekonomi jarah jauh. Sedangkan untuk KA lokal tarif PSO ini akan di berlakukan selama setahun penuh, mulai 1 Januari 2015-31 Desember 2015.  Tarif setelah tanggal tersebut akan di bahas kemudian.

Tarif baru tersebut antara lain :
KA Progo jurusan Lempuyangan-PasarsenenKA Kahuripan jurusan Kediri-Kiaracondong, KA Bengawan jurusan Purwosari- Pasarsenen, dan KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember. Keseluruhan KA tersebut akan menerapkan sistem tarif single, jauh-dekat Rp 50.000.
 
KA Pasundan jurusan Surabayagubeng-Kiaracondong dan KA Gaya Baru Malam Selatan jurusan Surabayagubeng-Pasarsenen dengan tarif jauh dekat Rp 55.000, serta KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen dengan tarif jauh dekat Rp 40.000.

Untuk KA ekonomi jarak menengah yang akan kembali menggunakan tarif subsidi mulai 1 Maret-30 Juni 2015, adalah KA Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong, dan KA Serayu Malam/Pagi jurusan Purwokerto-Jakarta lewat Bandung. Kedua KA ini akan diberlakukan tarif PSO sebesar Rp 35.000.

 Bagi penumpang yang telah terlanjur membeli tiket untuk keberangkatan Maret sampai Juni akan bisa mendapatkan refund selisih harga tiket di stasiun keberangkatan/kedatangan yang melayani pengembelian selisih uang tiket selambat-lambatnya 3 hari sebelum keberangkatan.(Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar