Baznas Jatim Berikan Modal Tanpa Bunga Kepada UMKM

Baznas Jatim Berikan Modal Tanpa Bunga Kepada UMKM
Swaraguna - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Surabaya tahun ini akan menggulirkan dana modal bergulir kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah sebayak Rp 600juta. Dana ini di fungsikan sebagai pemberdayaan rakyat miskin agar lebih bisa mandiri secara ekonomi. 

Nur Hidayat selaku Ketua harian Baznas Jatim mengatakan bahwa modal yang di berikan nantinya berupa modal bergulir tanpa bunga nagi masyarakat yang sudah mempunyai sumber penghasilan tetapi masih belum mampu menutup kebutuhan sehari-hari. Syarat untuk mendapatkan bantuan modal ini adalah harus mempunyai usaha yang sudah berjalan selama 6 bulan. Pada awalnya pelaku UMKM ini di berikan modal sebesar Rp 1juta, jika cash flow yang di miliki lancar maka UMKM tersebut boleh mengajukan pinjaman lagi dengan limit sebesar Rp 5juta. Dana yang sudah di kembalikan oleh pelaku UMKM selanjutnya akan di pergunakan untuk memberikan pinjaman modal ke pelaku UMKM laian yang membutuhkan.

Kholik, selaku Kepala Divisi Pengembangan dan Pengumpulan Baznas Jatim menuturkan bahwa sejatinya pemberian bantuan oleh Baznas bersifat hibah. Tetapi program hibah ini ternyata mengakibatkan peminjam menjadi tidak bertanggung jawab kepada usaha yang di kembangkannya sehingga modal yang diberikan sering habis. Dengan bersifat pinjaman tanpa modal membuat pengusaha lebih bertanggung jawab lagi karena ada tanggungan yang harus mereka kembalikan sesuai waktunya. Diharapkan dengan sistim pinjaman gulir ini bisa membatu banyak UMKM untuk berkembang lebih baik lagi. (Yanuar Yudha)

  
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar