Harga Beras Meroket, Pembeli dan Penjual Kelimpungan.

Harga Beras Meroket, Pembeli dan Penjual Kelimpungan.
Swaraguna - Meskipun Jatim di kenal sebagai produsen beras yang bisa memberikan kontribusi sebesar 17% untuk nasional ternyata masih belum mampu untuk membendung kenaikan harga yang semakin tajam pada bulan ini. Berdasarkan pantauan di beberapa pasar di Surabaya, harga makanan pokok ini naik dari Rp 1000/kg hingga Rp 3000/kg.

Tercatat di pasar kapas Krampung harga beras kualitas bagus sudah nauk menjadi Rp 250ribu/sak, dari sebelumnya Rp 100ribu/sak. Dipasar tambak rejo harga sudah naik rata-rata Rp. 3000/kg-nya. Kenaikan harga ini mulai terjadi pada 2 minggu yang lalu hingga saat ini mencapai harga tertingginya.

Selain pembeli banyak pedagang beras yang mengeluh dengan kenaikan harga ini. Banyak pedagang yang mengurangi permintaan pasokan ke agen karena sepinya pembeli. Bahkan beberapa penjual mengaku mengurangi pasokan hingga setengahnya.

Gubenur jatim Sukarwo dalam press releasenya mengatakan bahwa kenaikan harga beras ini bukanlah karena faktor cuaca melainkan karena berkurangnya stok beras di luar Jatim. Untuk mengatasinya pemprov Jatim akan melakukan operasi pasar ke seluruh pasar-pasar tradisional hingga mampu meredam kenaikan harga. (Yanuar Yudha) 


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar