Miniboezem Sarana Cegah Banjir Sekaligus Tempat Wisata

Miniboezem Sarana Cegah Banjir Sekaligus Tempat Wisata
Swaraguna - Banjir merupakan problem klasik yang selalu melanda Kota Surabaya, hal ini di karenakan letaknya yang berada di dekat laut. Saat ini meskipun Surabaya di landa hujan lebat, genangan air yang timbul akan cepat menyusut dengan sendirinya, karena Pemkot sudah banyak membangun rumah pompa serta memperbaiki dan melebarkan saluran air yang ada.   

Meskipun saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah di katakan berhasi menanggulangi banjir di banyak tempat khususnya di tengah kota, tetapi pada beberapa tempat banjir masih belum bisa di hindari khususnya di Surabaya bagian barat. Kontur tanah di wilayah barat ini memang terbilang cukup unik, yaitu berupa daratn tinggi dan daratan rendah. Di beberapa lokasi air bisa mengalir dengan deras tetapi di tempat lainnya air tidak akan mudah mengalir. Apalagi perkembangan wilayah ini yang pesat membuat beberapa tempat yang dulunya menjadi area terbuka dan resapan air kini beralih fungsi menjadi perumahan, sehingga air akan mengalir dan menggenangi perumahan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut pihak Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) mengatasinya dengan membangun banyak tempat penampungan air berupa waduk mini atau Miniboezem. Dengan boezem ini aliran air bisa di atur sehingga akan mengurangi banjir di wilayah Surabaya barat. "Bahkan nantinya boezem-boezem ini bisa menjadi jujukan wisata baru bagi masyarakat sekitarnya, bisa sebagai tempat pemancingan maupun budidaya ikan" jelas kepala Bidang pematusan DPUBMP samsul Hariadi. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar