Tarif Listrik Akan Naik Pada Bulan April

Tarif Listrik Akan Naik Pada Bulan April
Swaraguna - Pada tahun ini tarif sejatinya listrik bagi golongan non subsidi yaitu golongan 1300 VA ke-atas sudah menggunakan tarif adjustment. Tarif adjustment adalah tarif yang bisa berubah naik atau turun seperti yang telah di berlakukan pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Tapi saat ini pemerintah masih menunda penyesuaian tarif ini kepada golongan 1.300 VA dan 2.200 VA mengingat beban masyarakat sudah berat karena kenaikan BBM dan kenaikan harga elpiji 12kg.

Penundaan tarif adjustment ini sebenarnya berakhir pada bulan Maret dan tarif baru akan di berlakukan pada 15 April 2015 secara bertahap hingga mengikuti tarif adjustment yang sebenarnya. Tarif ini nantinya mengacu pada kurs rupiah, harga minyak dan tingkat inflasi.

Benny Marbun selaku Kepala Divisi niaga mengatakan bahwa akibat penundaan tersebut subsidi listrik bertambah Rp 1,3triliyun, sehingga total subsidi untuk tahun ini menjadi Rp 67,92 triliyun dengan kurs Rp 12.500. "Turunnya harga minyak belakangan ini juga di sertai dengan penurunan tarif bagi golongan yang tidak di subsidi yaitu golongan rumah tangga di atas 3.200VA" sambungnya.(Yanuar Yudha)   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar