Cara Pembuatan Paspor Online

Cara Pembuatan Paspor Online (Bagian 1)

Swaraguna - Saat ini proses pembuatan paspor tidaklah rumit seperti beberapa tahun yang lalu. Apalagi pihak Imigrasi telah mengeluarkan program pembuatan paspor secara online. 

Sebelumnya, mari kita ketahui jenis-jenis paspor terlebih dahulu.
1. Paspor 24 Halaman.
    Tarif Pembuatan : Rp 155.000
    Paspor ini biasanya di kenal dengan paspor untuk Tenaga Kerja indonesia (TKI) atau biasa digunakan untuk orang yang sedang ibadah Umroh. Sebenarnya pada web-site Imigrasi di jelaskan bahwa paspor 24 halaman dan paspor 48 halaman tidak ada perbedaan yang cukup berarti. hanya beda pada jumlah halaman saja, bahkan tarif paspor 24 halaman lebih murah daripada yang 48 halaman. Tapi entah kenapa banyak masyarakat yang susah kalau mengurus paspor jenis ini, bahkan di web imigrasi sudah tidak tertera untuk pengurusan paspor 24 secara online.    

2. Paspor 48 Halaman.
    Tarif Pembuatan : Rp 355.000
    Paspor inilah yang di sebut paspor umum dan banyak di buat oleh masyarakat yang akan bepergian ke luar negeri untuk wisata. paspor ini yang akan kita bahas sekarang.

3. E-paspor
    Tarif Pembuatan : Rp 600.000
   Paspor ini di kenal dengan nama paspor biometrik, adalah jenis paspor yang memiliki data biometrik sebagai salah satu unsur pengaman paspor,data biometrik yang digunakan adalah biometrik wajah pemegang paspor dan biometrik sidik jari sebagai pendukungnya. Data biometrik ini disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor. Berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organisation (ICAO).

Dokumen yang harus di siapkan untuk pembuatan paspor adalah :
Syarat Pembuatan Paspor.
1. KTP (di foto copy 1x, ukuran A4 depan belakang, letakkan di bagian depan kertas, susun secara berurutan dan jangan di potong)
2. Akte kelahiran/Ijazah terakhir (di fotocopy 1x)
3. kartu keluarga (di fotocopy 1x)  

Setelah semua dokumen siap, segera buka website imigrasi (http://www.imigrasi.go.id/). langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik pada layanan paspor online.
 






2. Pada menu Utama pilih Pra Permohonan Personal


   












3. Lalu akan muncul formulir online untuk anda lengkapi.












4. Setelah semua terisi , maka akan muncul jumlah yang harus di bayar ke Bank BNI dan waktu kapan anda bisa datang ke kantor Imigrasi.
5. Segera cek email anda. Karena di email akan ada notifikasi dari spri@imigrasi.go.id. Segera download formulir bukti pengantar untuk membayar biaya pembuatan paspor di bank BNI.












Download File-nya





















6. Setelah melakukan pembayaran, segera buka kembali email yang anda terima dari pihak imigrasi dan klik link yang bertuliskan "lanjut". 
Kemudian akan muncul email ke-dua yang berisi surat undangan/pengantar anda untuk ke kantor imigrasi Setelah itu segera download dokumen yang nantinya akan kita bawa ke kantor imigrasi.















Download isinya
















(note: kalau setelah pembayaran link "lanjut" bermasalah, cobalah untuk membukanya pada malah hari pukul 21.00wib ke atas)

Nah, langkah-langkah online sudah selesai. Sekarang kita tinggal melakukan langkah offline di kantor Imigrasi pada tanggal yang telah kita tentukan. lanjut ke bagian 2. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar