Cara Pembuatan Paspor Online (Bagian-2)

Cara Pembuatan Paspor Online (Bagian-2)

Swaraguna - Setelah langkah online via-internet kita lalui langkah berikutnya adalah datang ke kantor Imigrasi. Pada postingan kali ini lokasi Imigrasi yang penulis tuju adalah kantor Imigrasi Kanim Kelas I Khusus Surabaya yang ada di Jl. Jend. S. Parman No. 58/A, Waru Sidoarjo

Siapkan semua dokumen yang di perlukan (liat bagian -1) dari rumah. Tambahan dokumennya adalah:
1. Dokumen tanda terima permohonan
2. Bukti pengantar ke bank beserta tanda bukti pembayaran Bank BNI
3. Materai 1 lembar
4. Dokumen asli KTP, Kartu Keluarga, Akta kelahiran/Ijazah terakhir. 
Note: semua dokumen di atas tidak perlu di fotocopy.

Siapkan diri anda secantik/setampan mungkin karena anda akan menjalani sesi interview dan sesi foto paspor.
1. Berpakaian rapi, lengan panjang bisa, lengan pendek boleh asal bukan kaos
2. Memakai sepatu
 
Siapkan kendaraan dan berangkat.....Ancar-ancarnya kalau dari arah Surabaya langsung putar balik aloha/depan mall Cito (City of Tomorrow). Pelan-pelan saja jangan sampai terlewat karena kantor imigrasi ini terbilang sangat berukuran mini kalau di bandingkan dengan kantor pemerintah sejenis.
Kantor Imigrasi Khusus Surabaya








Setelah memarkir kendaraan maka segeralah masuk. Masuk gedung jangan lewat pintu utama melainkan lewat pintu samping. Setelah melewati pintu samping anda akan melihat ruangan berdinding kaca yang di dalamnya banyak orang sedang menunggu antrian. Segeralah anda masuk ke dalamnya.

Untuk memasuki ruangan tersebut anda akan melewati pintu geser. Ingat pintu ini tidak di lengkapi dengan sensor seperti yang ada di mall-mall atau perkantoran, jadi meskipun anda mendekat sampai kepala anda benjol-pun pintu ini ga akan kebuka kesuali anda menekan tombol yang ada di sebelah kanan pintu.

Segeralah menuju ke bagian informasi yang ada di depan pintu masuk untuk mengambil nomor antrian. kalau anda datang pada pukul 08.30wib jangan kaget bila nomor antrian sudah habis. Tapi anda sudah mendaftar via Online, jadi serahkan saja bukti pendaftaran anda. Petugas akan men-scan barcode yang ada di bukti pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian. Di sini kita akan mendapatkan nomor antrian dan formulir pengajuan paspor yang harus di isi dan di tempel materai.
 
Bagian informasi untuk ambil nomor antrian


Langkah berikutnya menunggu (tenang aja ruangannya sejuk kok). Setelah nomor antrian kita di panggil maka kita akan masuk ke Ruang Pelayanan W.N.I. Di sini kita akan di interview oleh petugas yang terkesan "Galak". 
inilah tips untuk menghadapi interview.
1. Tidak usah takut/panik usahakan rilek
2. Pertanyaan petugas biasanya seputar data yang anda isi, jadi jawab saja sejujurnya.
3. Kalau di tanya keperluan anda keluar negeri 
      * Jawab saja mau wisata
      * jangan di jawab ada keperluan kantor/perusahaan karena anda akan di suruh melengkapi dengan surat  tugas dan lain sebagainya
     * jangan di jawab anda akan wisata ke Suriah/Iraq nanti anda akan di duga bergabung dengan ISIS
     * jangan di jawab anda akan wisata ke Pacitan, karena ga nyambung..hehehehe
Setelah sesi wawancara lolos kita akan di foto, dan akan di suruh balik 3/4 hari kerja untuk mengambil paspor. Total waktu di ruangan ini antara 1-2jam saja.
Ruang Interview dan Foto
Setelah 3 hari buka lagi web imigrasi untuk melihat perkembangan paspor kita. Klik Status Permohonan Personal
Lalu akan muncul halamn sebagai berikut. Masukkan nomor permohonan paspor kita, lalu akan muncul status-nya. Kalau setatus sudah "Serahkan Paspor" maka paspor sudah bisa kita ambil.

Untuk ambil paspor kita tidak perlu masuk ke ruang tunggu lagi, melainkan di ruangan luar dekat pintu masuk samping. Serahkan bukti permohonan maka petugas akan segera untuk menyerahkan paspor kita. Untuk melengkapi paspor bisa membeli sampul paspor pada tempat fotocopy yang ada di Imigrasi seharga Rp 3.000. 

(Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar