Sentra PKL Gunung Anyar, Nasibmu Kini


Sentra PKL Gunung Anyar, Nasibmu Kini

Swaraguna - Belum setahun diresmikan oleh Pemkot Surabaya, Sentra PKL Gunung Anyar yang merupakan sentra kuliner di wilayah kecamatan Gunung Anyar, kini mulai ditinggal penghuninya. Dari pengamatan tim Swaraguna di lokasi Sentra PKL Gunung Anyar, tinggal 3 pedagang yang masih membuka stand nya, sedangkan yang lain dibiarkan kosong. Menurut salah satu pedagang gado-gado yang menempati Sentra PKL ini, sepinya kunjungan merupakan faktor utama mengapa pedagang meninggalkan stand. Padahal untuk mengisi stand di sentra PKL ini, pihak kecamatan Gunung Anyar pun tidak membebani pedagang dengan biaya sewa.

Apa yang dialami oleh sentra PKL di Gunung Anyar ini adalah salah satu contoh sentra PKL yang belum berhasil disamping beberapa sentra PKL lainnya yang mengalami hal yang sama. Walaupun ada beberapa sentra PKL yang berkembang dengan baik.

Layaknya apa yang sudah terjadi pada sentra-sentra PKL yang tersebar di beberapa kecamatan di kota Surabaya ini perlu menjadi evaluasi bagi Pemkot Surabaya, khususnya dinas koperasi kota Surabaya dan kecamatan setempat. Agar anggaran yang digunakan untuk membangun tempat-tempat pengembangan perekonomian masyarakat tidak justru menjadi sarana buang-buang duit. Analisa pemilihan lokasi, target pasar dan cara pengembangannya harus dibuat lebih baik lagi, sehingga pembangunan sentra-sentra PKL di tahun ini dapat berhasil.

Saat ini, pihak kecamatan Gunung Anyar sedang berupaya untuk mendata kembali UMKM Mamin dan PKL di wilayahnya untuk mengisi stand Sentra PKL. (Rizki Rahmadianti)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar