Bandeng Tandu Yang bikin "Ke-candu-an"

Bandeng Tandu Yang bikin "Ke-candu-an"

Swaraguna - Pekerjaan yang mapan sebenarnya sudah di dapatnya. Sebagai manager sebuah restoran, gaji  bulanan serta fasilitas yang di peroleh pastinya sudah lebih dari cukup. Tapi naluri sebagai seorang ibu yang harus merawat anak semata wayangnya, mengharuskan beliau memilih jalan untuk me-resignkan dirinya agar sang buah hati mendapatkan perhatian yang sepenuhnya.

Saat sang anak beranjak dewasa, Dwi Retnowati mulai bisa berpikir untuk mendapatkan penghasilan guna membantu keuangan keluarga. Di saat sedang berusaha, tiba-tiba sang ipar yang bekerja di dinas perikanan menawarinya bandeng tanpa duri. Dari awalnya yang hanya mengambil 5 kilogram akhirnya terus meningkat hingga 10 kg. penjualannya saat itu hanya mengandalkan rekanan kerja di restoran dulu, tetangga sekitar rumah serta ibu-ibu PKK.

Baca juga : Festival Kuliner Khas Suroboyo

Menjadi pemain baru dalam dunia ikan segar membuatnya harus belajar banyak. Mulai dari pengolahan bandeng, bagaimana supaya tidak cepat busuk  hingga mencari distributor yang dapat di percaya merupakan pengalaman yang harus di jalaninya. 

Setelah beberapa lama menjual bandeng cabut duri dalam bentuk mentah di pasar tradisional dan pameran-pameran , Dwi Retnowati berpikir akan lebih menguntungkan apabila menjualnya dalam bentuk olahan. Setelah melauli pertimbangan yang matang, mulailah warga Rungkut Tengah ini mengolah bandeng cabut durinya menjadi bandeng sapit bumbu, bandeng bakar, pepes, otak-otak, garang asem, asem-asem bandeng serta bakso tahu. Resep yang di gunakan adalah resep asli keluarga yang di peroleh dari sang ibu.

Warga perumahan Rungkut Mapan Surabaya ini sadar betul bagaimana kekuatan sebuah Brand dan kemasan yang bagus. Lalu muncullah nama AW yang di ambil dari nama sang anak : Aldi Wisnu. Dari usaha mengolah bandeng-nya ini Dwi retnowati berhasil meraup omzet Rp 12 Juta/bulan. Harga makanan bandeng olahanya berkisar Rp 25 ribu - 30 ribu per-ekornya. (Yanuar Yudha)    

Artikel menarik lainnya :
Ragam Oleh-Oleh Jajanan Khas Asli Surabaya
Bakso Tiga Raja, Kuliner Mantap Saat Musim Hujan

 

 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar