Buah Pohon Bintaro Beracun

Buah Pohon Bintaro Beracun

Swaraguna - Sudah sejak 10 tahun yang lalu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya menanam pohon Bintaro di jalan-jalan protokol dan taman kota Surabaya. Pohon ini, sekarang tampak tumbuh dengan baik dan menjadi sarana penghijauan yang cukup jitu. Selain mampu hidup di wilayah panas, pohon ini memiliki sifat yang rindang karena daunnya cukup banyak sehingga bisa menyerap karbondioksida dengan baik.

Pohon Bintaro yang bernama latin Cerbera manghas yang digunakan untuk penghijauan ini sudah mulai berbuah, dan memang buahnya cukup nampak besar dan menarik untuk dipetik. Saat masih muda buahnya berwarna hijau bulat seperti telur, dan kemudian warnanya akan berubah menjadi merah.  Namun hati-hati karena ternyata buah pohon bintaro ini beracun jika dimakan. Berdasarkan riset dari IPB Bogor, kandungan buah bintaro dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Getah pohon bintaro juga berbahaya, karena bisa menyebabkan kelumpuhan jika mengenai luka pada tubuh. Kayu pohon bintaro jika dibakar juga berbahaya, karena asap pembakaran juga akan mengandung racun yang mematikan.Penggunaan pohon bintaro ini dahulu untuk mengolesi racun pada ujung anak panah. Dan habitat aslinya adalah pada daerah mangrove.

Alangkah baiknya, untuk menghindari akibat yang tidak baik dari penanaman pohon ini sebagai sarana penghijauan, DKP Kota Surabaya memberikan tulisan peringatan yang diletakkan pada pohon-pohon bintaro yang ada di kota Surabaya. (Rizki Rahmadianti, dari berbagai sumber)




Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar