Ijazah Kejar Paket C Bisa Di Pakai Untuk Kuliah

Ijazah Kejar Paket C Bisa Di Pakai Untuk Kuliah

Swaraguna - Peserta didik yang saat ini akan menempuh ijazah kejar paket C tidak perlu khawatir akan kelanjutan studinya nanti. Ijazah kejar paket C bisa di gunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, baik swata maupun negeri. 

Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ijazah kejar paket C bisa di terima melalui jalur Seleksi Bersama Nasional (SBM PTN) dan jalur mandiri. Untuk jalur Seleksi Nasional (SNM PTN) ijazah tersebut belum bisa di terima, karena SNM PTN hanya di selenggarakan untuk pendidikan formal saja. 

Di konfirmasi secara terpisah, Wakil Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Achmad Syahrani dan Rektor Universitas Surabaya (Unesa) mengatakan bahwa mereka tidak mempermasalahkan ijazah kejar paket C yang akan masuk ke PTN dengan menggunakan jalur SBM PTN dan jalur mandiri. "Kami paham , bahwa ijazah paket C di ciptakan untuk kondisi tertentu, seperti homeschooling, selain itu kami juga menerima mahasiswa dari Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)" kata rof Achmad Syahrani. "Tapi kalau bisa, dari segi usia juga masih layak untuk jadi mahasiswa" tambahnya.
Sudarminto,Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyatakan bahwa ijazah kejar paket A,B maupun C statusnya sederajat dengan ijazah pendidikan formal. Perbedaannya hanya pada tandatangan di ijazahnya, kalau ijazah formal yang tandatangan kepala sekolah kalau paket kejar yang tandatangan kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat. Ijazah ini bisa di gunakan untuk mendaftar ke pendidikan formal lanjutan asalkan memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh sekolah yang akan di masukinya. " Misalnya untuk paket B yang ingin masuk SMA usianya harus sama dengan siswa SMA umumnya yaitu antara 15-16 tahun dan nilainya mencukupi" terangnya. (Yanuar Yudha)  

Artikel menarik lainnya :
GRATIS, Pelatihan Manajemen Finansial untuk UMKM Gunung Anyar
Bimbel Anak Gratis di Perpustakaan Rungkut

 

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar