Monumen Bersejarah di Surabaya

Swaraguna - Surabaya memiliki sejarah yang cukup panjang dan diabadikan dalam monumen-monumen yang didirikan untuk mengingat peristiwa-peristiwa bersejarah yang pernah terjadi. Berikut monumen-monumen yang bisa dikunjungi.

Tugu Pahlawan
Monumen tugu pahlawan diresmikan pada tanggal 10 November 1951. Didirikan d sebuah tempat bekas reruntuhan gedung yang hancur dalam perjuangan mendirikan negara, didepan kantor Gubernur Jawa Timur. Presiden pertama Ir Soekarno melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan monumen setinggi 45 meter ini dan dibangun untuk memperingati pengorbanan para pahlawan kemerdekaan.

Monumen Kapal Selam (Monkasel)
Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 ini adalah kapal selam yang sesungguhnya bukan hanya replika. Kapal selam ini adalah salah satu armada milik TNI Angkatan Laut. Pembangunan konstruksi monumen, dilakukan pada Juli 1995 oleh Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman. Untuk membawa sebuah kapal selam asli ke lokasi pembangunan, bukanlah hal yang mudah. Karena PT Pal mengiris KRI Pasopati 410 menjadi 16 bagian, kemudian merangkainya kembali menjadi utuh di atas pondasi yang telah disiapkan.

Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen ini terletak di saerah basis TNI AL Ujung Surabaya, sebelah barat dermaga Madura. Dibangun tahun 1990, dan monumen berupa patung perwira TNI AL setinggi 31 meter. Berpose menghadap laut dan menjadi simbol kejayaan maritim Indonesia. (Rizki Rahmadianti)



Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar