Ragam Oleh-Oleh Jajanan Khas Asli Surabaya

Swaraguna - Kota Surabaya adalah kota yang penuh dengan destinasi wisata menarik untuk di kunjungi. Mulai dari wisata alamnya seperti pantai Kenjeran dan Mangrove, wisata belanja dengan beragam Mall yang mulai berdiri, hingga wisata kuliner khas seperti tahu campur, rujak cingur, lontong kupang dan masih banyak lainnya. Setelah puas berwisata dan akan kembali ke daerah asal, rasanya tidak lengkap kalau belum membawa oleh-oleh khas dari kota pahlawan ini. 

Berikut adalah oleh-oleh khas kota di tepi laut ini, yang wajib di bawa pulang setelah anda berwisata :
1. Almond Cheese Crispy
Makanan ringan satu ini terbuat dari adonan tepung, gula, susu, keju dan kacang almond sebagai topingnya. Bentuknya tipis sekilas mirip emping mlinjo. rasanya gurih dan renyah cocok untuk di cemil besama keluarga.Terdapat tiga varian rasa yaitu coklat, original dan green tea. 

Meskipun termasuk produk baru dalam jajaran makanan khas suroboyo, kehadirannya langsung di sambut hangat dan menjadi faforit bagi pelancong. Selain harganya relatif murah panganan ini di kemas dengan bungkus yang praktis dan menarik.

Anda bisa mendapatkan jajanan ringan ini di seluruh toko olah-oleh di Surabaya, salah satunya di jalan Raya Jemur Handayani no 164, yaitu Wisata Rasa.

2. Sambal Udang Bu Rudy.
Sambak yang satu ini sangat terkenal hingga ke mancanegara. Oleh-oleh yang cocok bagi anda yang suka pedas. Sambal udang buatan wanita asli kota Madiun ini memiliki cita rasa khas yang unik yang tidak di jumpai di sambal-sambal lainnya. Selain sambal udang juga ada sambal dengan rasa lain seperti sambal bajak, sambal bawang dan varian lainnya yang di kemas dengan berbagai ukuran. 

Olahan sambal ini bisa anda dapatkan di toko pusatnya yaitu Jl. Dharmahusada 140, Surabaya. Di tempat ini selain sambal juga terdapat oleh-oleh khas Surabaya lainnya.

3. Aneka Kerupuk Ikan
Surabaya adalah kota yang terletak di tepi laut. Di wilayah pantai / pesisir akan banyak anda jumpai aneka olahan hasil laut. Olahan yang paling terkenal adalah Kerupuk. Jenis dari kerupuk ini cukup beragam , mulai kerupuk ikan, kerupuk cumi , kerupuk udang maupun kerupuk kerang. 

Anda bisa mengunjungi lokasi pembuatan kerupuk ini secara langsung di daerah pantai kenjeran dan wilayah Gunung Anyar. Di sana anda bisa langsung membeli produknya dalam bentuk kemasan atau di jual per-kilo.

4. Sirup dan Jenang Mangrove
Mangrove atau tanaman bakau ini banyak terdapat di kecamatan Rungkut dan kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Selain menjadi penjaga pantai dari bahaya abrasi air laut ternyata buah mangrove ini bisa di manfaatkan untuk di buat jenang dengan rasa yang legit dan kenyal. Biasanya jajanan ini terbungkus oleh pelepah pisang kering.

Selain jenang terdapat juga sirup mangrove yang menyegarkan dengan rasa asam-manis. Kaya akan kandungan vitamin A dan C, yang pasti akan membuat tubuh anda serasa fit kembali dan menghilangkan kepenatan setelah puas berjalan-hjalan di kota Surabaya.

Baca Juga : Bakpia Surabaya Tembus Pasar Singapura


5. Siropen Telasih
Kalau yang satu ini adalah minuman menir-menir Belanda sejak tahun 1923. Awalnya memang perusahaan milik Belanda hingga akhirnya menjadi milik pribumi sendiri. Sirup yang dulunya hanya bisa di nikmati oleh para bangsawan ini berdiri di jalan Mliwis, Surabaya. Varian rasanya terdiri dari cocopandan, mawar,jeruk keprok, frambosen dan valini. Resep rahasia kenikmatan sirup ini adalah tidak menggunakan bahan pengawet dalam produksinya sehingga tetap terjaga kesegarannya.

Siropen telasih ini di kemas dengan beragam kemasan. Mulai kemasan yang biasa hingga kemasan premium seperti botol wine, yang cocok untuk di bawa sebagai oleh-oleh.

6. Spikoe Resep Kuno
Rori-roti kuno memang tak pernah lekang oleh waktu, seperti yang satu ini, Spikoe. Roti buatan keluarga Santoso ini mulai berkibar sejak tahun 1976 kemudian pada tahun 1982 tutup, dan pada tahun 2002 mulai di rintis kembali oleh anak tertuanya yaitu Paulus Santoso. 

Sampai saat inipun Paulus masih setia dengan resep lawas ibundanya, baik dari komposisi bahan yang kaya akan telur sehingga terasa empuk, maupun bentuknya yang terdiri dari tiga lapis. Dapur dan penjualan spikuo kuno ini beralamatkan di Jl. Rungkut Mapan B-arat No. 41, Surabaya.

7. Abon Sapi Padmosustro.
Makanan yang satu ini adalah makanan segala umur, mulai anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukainya. Olahan daging sapi ini terasa nikmat bila di santap dengan nasi yang masih ngebul alias hangat..hmmm yummy. Salah satu abon yang cukup me-leganda di Kota Surabaya adalah Abon sapi Padmosusastro sesuai dengan namanya anda bisa mendapatkannya di sepanjang jalan Padmosusastro. Dijamin keluarga di rumah bakal ketagihan setelah mencobanya....daging sapinya..asli. Ada dua varian rasa yaitu manis dan pedas. (Yanuar Yudha)

Artikel menarik lainnya :
Koperasi Subuh Ria, Penyelamat Pedagang Kue Grosir Pasar Kembang Dari Rentenir 
Program Dana Bergulir Modal Kerja dan Investasi UMKMK

 


 

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. boleh minta kontak yang jualan sirup mangrove ka?

    BalasHapus