Surabaya Akan Terus Perluas Hutan Kota

Swaraguna - Dari tahun ke tahun Kota Surabaya terus berusaha untuk meningkatkan luasan dari hutan kota. Hal ini sangatlah di perlukan karena perkembangan kota Surabaya yang pesat, di sisi lain juga menimbulkan dampak negatif seperti polusi udara. Hutan kota adalah salah satu cara untuk menanggulangi polusi tersebut , karena fungsinya yang bisa menyerap polutan dan memberikan suplai oksigen bagi warga kota.

Anggaran yang besar untuk merealisasikan pembuatan hutan kota sudah mulai di turunkan sejak tahun 2011 sebesar Rp 3,721m dan pada tahun-tahun berikutnya anggarannya akan mengecil hingga tahun 2015 ini dana yang di butuhkan hanya Rp 981juta. Hal ini di karenakan pada tahap awal Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya harus mengalokasikan anggaran untuk pembebasan dan pengolahan lahan, sedangkan untuk tahun berikutnya hanya penanaman dan pemeliharaan saja.

Baca : Surabaya Timur Kembangkan Budi Daya Ikan

Luas Kota Surabaya adalah 33.000 hektar yang berarti harus mempunyai hutan kota minimal seluas 3.300 hektar. Hal ini didasari oleh adanya perda no 15 tahun 2014 yang mewajibkan jumlah keseluruhan hutan kota di Surabaya harus 10% dari Luas Kota, dan harus di capai dalam waktu 10 tahun sejak perda tersebut di sahkan.

Kepala Dinas Pertanian Djoestamadji mengatakan bahwa untuk memenuhi target yang tertuang di perda tersebut Dinas Pertanian juga bekerjasama Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) untuk pengadaan lahan baru di daerah Gunung Anyar, Rungkut,Sukolilo dan Mulyorejo

Untuk saat ini di Surabaya sudah terdapat beberapa hutan kota yang tersebar di berbagai wilayah, seperti di kawasan pamurbaya sebesar 500 hektar, Pakal seluas 13 hektar dan Balas Klumprik seluas 4,3 hektar. (Yanuar Yudha)

Artikel menarik lainnya :

 



   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar