Anak Anda Bukanlah AirBag

Swaraguna - Seringkali kita membawa anak untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan motor. Perlu di ketahui, bahwa penempatan posisi anak pada waktu berkendara sangatlah penting demi kenyamanan dalam perjalanan. Masih banyak Orang Tua yang melakukan kesalahan dalam menempatkan posisi sang anak dalam berkendara.  Biasanya pada saat mudik hari Raya Lebaran kita banyak melihat satu motor di tumpangi oleh kedua orang tua, anak serta barang berupa kardus besar, yang tentunya hal tersebut sangat membahayakan.

Kesalahan paling umum adalah, seringkali Orang Tua menempatkan anak untuk duduk depan. Hal ini mengakibatkan sang anak menjadi penahan angin bagi kedua Orang Tuanya. Dengan posisi tersebut badan anak akan rawan terkena terpa-an angin dan terpapar debu serta asap kendaraan bermotor. Lebih berbahaya lagi apabila terjadi kecelakaan, maka anak akan mudah terlempar dari kendaraan atau dadanya akan terbentur bagian depan motor dengan keras.

Baca : Tips Pakai Google Maps Saat Mudik

Chief Instructor Jakarta Devensive Driving Center, Jusri Palubulu mengatakan bahwa hal ini sudah jamak di lakukan oleh masyarakat di Indonesia, padahal sangat membahayakan bagi anak maupun Orang Tuanya. "Kebiasaan ini harus di hentikan, anak jangan di jadikan airbag bagi Orang Tuanya" jelasnya.

Posisi terbaik untuk menempatkan anak apabila berkendara adalah di tengah di antara Orang Tua, dengan posisi duduk. "Untuk di ingat bahwa motor sebenarnya adalah kendaraan untuk 2 orang saja" tambah Jusri. (Yanuar Yudha)    

Berita Menarik Lainnya:
Cara Pesan Tiket Kereta Api Online.
Belanja Lebaran, Tak Harus Jor-joran
Merr IIC Gunung Anyar Dikhawatirkan Gagal bangun di 2013
 
 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar