Cara Deteksi Borax Dan Plastik Pada Makanan

Cara Deteksi Borax Dan Plastik Pada Makanan

Swaraguna - Musim hujan seperti ini yang namanya jajanan seperti bakso dan gorengan pasti laris manis. Selain hangat di badan , rasanya gurih dan nikmat. Terkadang kita tidak mengetahui kalau di dalam jajanan yang kita komsusmsi tersebut mengandung zat yang berbahaya. Kalau kita terus - menerus meng-komsusmsinya maka akan mengakibatkan zat-zat tersebut mengendap di dalam tubuh dan mengakibatkan penyakit seperti kanker dan tumor.

Untuk mengawasi hal tersebut, kita mempunyai lembaga yang di sebut Badan Pengendali Obat dan Makanan (BPOM). Tetapi tentunya kita tidak bisa mengandalkannya 100% kepada lembaga tersebut, karena memang penjual jajanan ini sangatlah banyak dan menyebar di seluruh pelosok daerah. 

Untuk mengetahui kandungan berbahaya pada makanan tersebut sebenarnya ada cara yang mudah. 
1. Cara mengetahui kandungan borax pada jajanan bakso.
Tusuk Gigi Sibodex
 Cara ini di temukan oleh 2 siswi SMAN 3 asal kota Semarang yaitu Dayu Laras Wening dan Lutfia Adila. Metode yang mereka temukan cukup simple dan mudah di aplikasikan. Hanya di perlukan tusuk gigi dan bumbu dapur berupa kunyit. 

Persiapannya cukup mudah, pertama kita hanya perlu menyiapkan tusuk gigi yang telah di rendam dengan parutan kunyit sebantak 30gr. Setelah itu keringkan dengan di angin-anginkan. Untuk Aplikasi di lapangan kita tinggal menusukkan stik yang kita punya ke dalam bakso yang akan kita uji. Diamkan selama 1menit sampai 5 menit, lalu cabut. Apabila tusuk gigi yang kita punya berubah warna menjadi merah, berarti bakso yang akan kita komsumsi telah terkontaminasi oleh borax. Hal ini di karenakan zat dari kunyit akan bereaksi bila terkena borax. 

Uji ini bisa di gunakan untuk selain bakso, misalnya gorengan, lontong serta makanan padat lainnya.

Baca : Bakso Tiga Raja, Kuliner Mantap Saat Musim Hujan


Penemuan yang di namakan Stick of Borax Detector (SIBODEX) ini telah di akui oleh dunia dan berhasil memenangkan medali emas pada International Exhibitions for Young Inventors (IEYI) 2014, yaitu kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia.   

2. Cara Mengetahui kandungan plastik dan lilin pada gorengan.
 
Uji Gorengan
Waspadalah apabila gorengan yang kita komsumsi terlalu renyah dan kerenyahanya sangat tahan lama. Hal ini di karenakan banyak penjual gorengan yang "nakal" dengan cara mencampurkan plastik dalam makanan yang di gorengnya. 

Cara mendeteksinya cukup mudah, yaitu dengan membakar gorengan tersebut. Apabila setelah di bakar muncul tetesan seperti lelehan plastik terbakar maka dapat di pastikan kalau gorengan tersebut telah mengandung plastik.

Tes ini bisa di gunakan untuk gorengan pisang maupun kerupuk.

Kedua cara di atas adalah cara yang paling sederhana. tentunya apabila di perlukan penelitian untuk meyakinkan maka kita harus membawa sample tersebut ke laboratorium untuk di periksa lagi dengan lebih seksama. (Yanuar Yudha)

Berita Menarik Lainnya : 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Keren banget artikelnya, penulisannya simple maknanya mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas masukannya triatma

    BalasHapus