Eksotisnya Wisata Kota Tua Surabaya

Eksotisnya Wisata Kota Tua Surabaya

Swaraguna - Kota Surabaya adalah kota yang sarat dengan sejarah. Di sinilah terekam puluhan cerita sejarah bagi Bangsa Indonesia. Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno pernah mengenyam pendidikan di pinggir laut ini. Di kota inilah terekam dahsyatnya perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mengusir penjajah, bahkan seorang jendral mallaby bisa tewas di tangan pemuda Surabaya. 


Suasana di Jalan Gula
Situs peninggalan zaman kolonial Belanda yang menghiasi kota pahlawan. Bangunan-bangunan bergaya arsitektur Belanda banyak kita jumpai di Surabaya bagian utara. Jalan Rajawali, Kembang Jepun, Tunjungan, Veteran dan jalan Pahlawan merupakan pusat dari bangunan bergaya Eropa yang sangat eksotis. Selain bangunan tinggi banyak juga rumah-rumah yang bergaya kuno tetapi masih berdiri tegak, seperti yang ada di jalan coklat, jalan gula, jalan bibis dan jalan teh. Melewati banngunan-bangunan ini kita seakan di bawa kembali ke masa lampau.

Hotel Ibis Yang Bernuansa Kolonial
Bangunan-bangunan peninggalan Kolonial ini beberapa ada yang di gunakan kembali. bangunan kantor Pos Kebun Rojo, Hotel Ibis Surabaya, Kantor Gubenur Jawa Timur, Bank Mandiri, bank BII maupun kantor PTPN adalah deretan bangunan klasik yang masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Jangan lewatkan juga Sungai Kalimas. Disini terdapat pelabuhan Rakyat Kalimas. Gudang-gudang kuno serta kapal kayu besar yang sedang bersandar di jamin akan menmbah kekaguman anda terhadap kota tua ini.
Sayangnya potensi wisata yang menarik ini masih belum mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Kota Surabaya. Masih banyak bangunan yang terkelupas dindingnya karena di makan usia. Masalah kebersihan dan kenyamanan pengunjung masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah. Kalau hal tersebut bisa di atasi tentunya akan bisa manambah jujukan wisata bagi Kota pahlawan ini.

Gedung House Of Sampurna
Bagi anda yang akan merencanakan berkunjung ke kota Tua ini , silahkan anda singgah di Musium Sampoerna yang bernama House Of Sampoerna. Disini anda akan melihat barang-barang antik milik keluarga Sampoerna, yaitu pemilik merek rokok yang sangat terkenal sebelum mereka menjualnya ke Philips Morris. 

Bis Surabaya Heritage
Musium ini menyediakan program tur gratis mengelilingi Kota Tua Surabaya yang di beri nama "Surabaya Heritage Track". Anda akan di bawa berkeliling ke tempat-tempat bersejarah di kota ini dengan bis pariwisata secara gratis selama 1 - 2 jam. Di sediakan pula pemandu wisata bagi anda yang akan bertanya mengenai riwayat dari tempat-tempat bersejarah tersebut. Untuk melakukan reservasi silahkan anda menghubungi Tracker Information Center dengan nomor (031)353 9000 ext 24142. Tur yang di selenggarakan setiap hari Selasa hingga Minggu ini, di jamin akan memuaskan dahaga anda akan sejarah kota Surabaya ini. (Yanuar Yudha)  

Berita menarik lainnya :
  Retailer Asing Melirik Gunung Anyar
  Ragam Oleh-Oleh Jajanan Khas Asli Surabaya
  Kawasan Mangrove Kembar di Gunung Anyar
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar