Festival Kalimas : Lomba Dayung Di Sinari Warna-Warni Lampion

Festival Kalimas : Lomba Dayung Di Sinari Warna-Warni Lampion

Swaraguna - Pada liburan panjang di akhir Minggu ini, Pemerintah Kota Surabaya memusatkan perhelatan Hari Jadi-nya yang ke-722 di Kalimas. Sungai legendaris yang pada jaman kolonial sangat ramai dengan perahu kecil berlalu-lalang membawa berbagai barang komoditinya ini akan kembali di ramaikan dengan acara Festival Kalimas. 

Sungai yang membelah Kota Surabaya ini pernah mengalami masa kelamnya. Tumpukan sampah dan warna airnya yang kehitaman pernah menjadi pemandangan yang sangat tidak mengenakkan bagi warga kota. Namun berkat keuletan dan semangat arek Suroboyo dalam mengelola kalimas, sekarang sungai ini terlihat bersih. "Kalimas ini sudah bersih dari sampah, ini yang akan kita angkat untuk menjadi ikon dan identitas Kota Surabaya" jelas Yayuk Eko Agustin, selaku Asisten I Sekkota Surabaya.

Ilustrasi Festival Lampion di Kelurahan Mojo
Acara yang akan di gelar pada malam hari ini akan di buka oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini tepat pada pukul 18.00wib. Karena di laksanakan pada malam hari, Pemkot Surabaya akan memasang tata lampu sedemikian rupa sehingga warga kota dapat menyaksikan acara di atas sungai ini dengan jelas. Tiga acara akan di gelar pada Festival Kalimas ini, yaitu Lomba Perahu Naga dengan kostum yang unik, Acara Musik yang di tempatkan di Taman Prestasi, Taman Skate park dan BMX, Taman Ekspresi, terakhir adalah Festival Lampion yang akan di tempatkan di sepanjang Kalimas, mulai Monumen kapal selam (Monkasel) hingga di Taman Prestasi. 

Baca : Eksotisnya Wisata Kota Tua Surabaya

Agus Purnomo, selaku Kabid Perlindungan Masyarakat, Bakesbangpol dan Linmas Surabaya, mengingatkan kepada seluruh warga Kota Surabaya yang akan menyaksikan Festival Kalimas ini agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap keselamatannya. "Utamakan keselamatan, Tidak perlu berdesak-desakan karena area dari festival ini sangat luas" tegasnya. Saat festival nanti Jalan Ketabang Kali akan di serilkan dari kendaraan bermotor. Untuk keamanan pemkot dan pihak Kepolisian akan menerjuankan sebanyak 640 personel gabungan. (Yanuar Yudha)     

Berita Menarik Lainnya:


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar