Festival Tong Tong Fair Den Haag, Kental dengan Nuansa Indonesia


Festival Tong Tong Fair Den Haag, Kental dengan Nuansa Indonesia

Swaraguna - Jika Anda sempat berwisata ke kota Den Haag di negera Belanda, jangan heran saat ada orang asing yang akan menyapa Anda dalam bahasa Indonesia. Ucapan "selamat pagi atau siang" serta "apa kabar" adalah sapaan yang sering terdengar, saat kami berkunjung ke kota Den Haag.

Kebetulan kami datang saat digelarnya festival Tong-Tong Fair, yang diadakan setiap tahun. Festival ini, biasanya diselenggarakan sesudah acara Pasar Malam Indonesia yang digelar di lokasi yang sama. Jika Pasar Malam Indonesia menghadirkan penjual produk-produk khas Indonesia, di festival Tong-Tong Fair lebih beragam produk dari Asia, akan tetapi produk Indonesia tetap mengambil porsi paling banyak dalam acara pameran tersebut.

Tentu saja ikatan sejarah antara Indonesia dan Belanda yang menyebabkan banyak orang Belanda yang rindu Indonesia. Beberapa produk Indonesia yang banyak diminati antara lain kerajinan tangan, mainan tradisional anak, batik, makanan ringan tradisional, bumbu jadi, sambal instant, kerupuk serta mie instant.


Di bagian food court, tak mau kalah dengan bagian stand produk kerajinan dan makanan kering, jejeran stand kuliner berlomba menyajikan menu khas Indonesia, tentu saja dengan harga Euro.

Baca : Festival Rujak Uleg Surabaya 2013


Di salah satu koridor, ada sekelompok penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu khas Indonesia, seperti Ayo mama, Burung Kakak Tua, Bengawan Solo dan Jembatan Merah yang banyak diminati oleh warga Belanda yang rata-rata sudah berusia lanjut.


Selesai mengelilingi stand di Tong-Tong Fair, di perjalanan menuju tempat parkir yang lumayan jauh jaraknya, kami menjumpai pemandangan unik yang sebetulnya sudah umum di Indonesia. Becak. Dan yang lebih menarik lagi, pengayuh becaknya adalah seorang wanita bule. Fungsi becak di sini tidaklah sama dengan di Indonesia, melainkan hanya sebagai pelepas rindu saja karena becak hanya melewati track tertentu yang masih menjadi bagian dari festival ini. (Rizki Rahmadianti) 


Berita Menarik Lainnya : 

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar