Jembatan Petekan, Onggokan Besi Tua yang Menjadi Destinasi Wisata Surabaya


Jembatan Petekan

Jembatan Petekan, Onggokan Besi Tua yang Menjadi Destinasi Wisata Surabaya

Swaraguna - Beberapa waktu yang lalu, salah satu anggota tim Swaraguna menerima kedatangan tamu dari Belanda. Untuk mengenalkan kota Surabaya, kami mengajak jalan-jalan keliling kota sambil melihat beberapa bangunan tua yang notabene adalah bangunan jaman Belanda. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah jembatan Petekan, yang terletak didaerah Ujung Surabaya. Jembatan ini dahulu, difungsikan sebagai jembatan yang bisa diangkat dan diturunkan, sehingga kapal bisa masuk melalui sungai Kalimas membawa barang-barang berdagangan.
Sayangnya, kondisi jembatan Petekan saat ini, sangat menyedihkan. Selain sudah rusak dan tidak bisa difungsikan lagi, jembatan ini juga sudah berkarat dan banyak bagian yang lepas. Bahkan beberapa waktu sebelumnya, jembatan ini sempat ambrol ke sungai.
Saat melihat jembatan Petekan, tamu kami dari Belanda hanya tersenyum, dan mengatakan bahwa kelak jika ada kesempatan untuk kunjungan balik, maka akan diperlihatkan jembatan-jembatan serupa di Belanda.

Baca juga : Eksotisnya Wisata Kota Tua Surabaya

Setahun kemudian, ternyata kami mendapat kesempatan untuk kunjungan balik ke negeri Belanda. Dan sesuai janji, kamipun diajak berwisata kanal di kota Amsterdam. Naik perahu menyusuri sungai-sungai sambil melihat keadaan kota, dan ternyata ada ratusan jembatan semacam jembatan Petekan, dan semuanya berfungsi dengan baik.
Salah Satu Jembatan Gantung yang Masih Berfungsi dengan Baik di kota Amsterdam

Beberapa waktu yang lalu, walikota Surabaya Tri Rismaharini sempat mengutarakan keinginannya untuk menghidaupkan kembali jembatan Petekan. Kita tunggu saja realisasinya, supaya jempatan Petekan bisa benar-benar menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi dan bukan menjadi sekedar onggokan besi tua lagi. (Rizki Rahmadianti)

Artikel menarik lainnya :
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar