Legitnya Pecel Semanggi Melawan Tempa'an Jaman

Legitnya Pecel Semanggi Melawan Tempa'an Jaman

Swaraguna - Semanggi adalah tanaman liar yang biasanya tumbuh di pematang sawah atau di pinggiran sungai. Bunga dari tanaman ini berbentuk seperti lambang keriting yang terdapat pada kartu remi. Oleh warga kawasan Benowo daun semanggi ini di olah menjadi makanan khas asli Suroboyo yaitu Pecel Semanggi.  Saat ini tanaman semanggi mulai di berdayakan oleh warga di kawasam perbatasan Surabaya dan Gresik tersebut.

Daun Semanggi
Kuliner yang sekarang sudah mulai langka ini biasanya di sajikan beralaskan daun pisang atau yang biasa di sebut pincuk. Lalu daun semanggi, kecambah dan biasanya di beri bunga turi di siram oleh bumbu yang terbuat dari ubi jalar di tambah sambal yang terbuat dari gula jawa, terasi dan cabai. Untuk menyantapnya tidak perlu menggunakan sendok tetapi cukup menggunakan potongan dari kerupuk puli yang di sertakan dalam 1 porsi pecel semanggi tersebut.

Baca juga : Festival Makanan Khas Surabaya


Penjual Semanggi
Tidak mudah menjumpai kudapan khas Surabaya ini. Biasanya Pecel Semanggi ini di jajakan oleh wanita paruh baya dengan cara berkeliling berjalan kaki. Biasanya pada pagi hari mereka berkumpul di jalan Pasar Kembang sebagai meeting point-nya, baru setelahnya berpencar ke masing-masih wilayah yang berbeda. Saat ini harga satu porsi Pecel Semanggi ini di hargai Rp 7.000 hingga Rp 8 000. semoga kuliner yang sudah mulai langka ini masih bisa bertahan di tengah kepungan aneka kuliner baru yang sudah mulai bermunculan. (Yanuar Yudha)

Berita Menarik Lainnya : 

     
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar