Menelusuri Jejak Bangsa Maluku di Belanda

Barak Maluku Lage Mierde

Menelusuri Jejak Bangsa Maluku di Belanda

Swaraguna - Indonesia memiliki ikatan history yang kuat dengan Belanda. Di Belanda, banyak dijumpai warga keturunan Maluku yang telah menyatu dengan penduduk negara setempat. Salah satunya seperti pemain sepakbola Giovanni van Bronckhorst hingga Robin van Persie, yang diyakini memiliki garis keturunan bangsa Maluku.

Beberapa waktu yang lalu, tim Swaraguna mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat di Belanda. Salah satunya adalah Openlutch Museum di kota Arnhem. Sejarah kedatangan bangsa Maluku di Belanda dapat dipelajari di salah satu museum terbuka ini. Museum yang areanya cukup luas ini, serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Terdapat replika berupa bangunan rumah, peralatan dan aktivitas penduduk di Belanda dari masa ke masa. Salah satu bangunan adalah Barak Maluku yang berupa rumah kayu kecil berisi perabot dan cerita melalui video dan audio tentang kehidupan orang Maluku pada saat itu.
Perlengkapan Audio Video yang menceritakan sejarah orang Maluku di Belanda

Sebanyak 12.500 orang Maluku, tiba di Belanda pada tahun 1951, dan diawal mereka ditampung di barak-barak Maluku. Pada tahun 1960, mulailah orang Maluku hidup berbaur di kota-kota. Di barak Maluku Lage Mierde ini, terdapat dapur besar yang menunjukkan ciri khas Maluku, seperti peralatan masak dan bumbu-bumbu khas Maluku.

Baca : Jembatan Petekan, Onggokan Besi Tua yang Menjadi Destinasi Wisata Surabaya

Kondisi Barak Maluku

Generasi kedua dari orang Maluku merasa tidak puas dengan bagaimana cara penampungan tersebut. Di tahun 70-an terjadilah aksi kekerasan seperti pembajakan kereta api sebagai luapan emosi kekecewaan tersebut.

Kini keturunan Maluku telah berasimilasi dengan warga Belanda asli. Mereka memiliki beragam profesi seperti pedagang, seniman, atlet dan bahkan menjadi anggota legislatif. (Rizki Rahmadianti)

Artikel menarik lainnya :

 

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar