Pegawai Swasta Dapat Dana Pensiun Dari BPJS

Pegawai Swasta Dapat Dana Pensiun Dari BPJS

Swaraguna - Para pekerja swasta saat ini tidak perlu risau, pada bulan Juli mendatang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan beroperasi penuh. Dengan demikian BPJS tidak hanya menanggung kecelakaan kerja, kesehatan dan kematian, melainkan juga menanggung dana pensiun kayawan. Nantinya dana pensiun ini akan di terima oleh yang bersangkutan hingga yang bersangkutan meninggal dunia. Setelah itu dana akan di berikan kepada suami atau istri yang masih hidup. Usia pensiun ini di perkirakan hingga 65 tahun.

Pedoman dari pelaksanaan BPJS ini adalah UU Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistim Jaminan Sosial Nasional. Dalam UU tersebut di jelaskan bahwa setiap pengusaha harus mendaftarkan seluruh karyawannya untuk ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini masih 40% badan usaha yang sudah mengikuti program dari BPJS. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim, E Ilyas Lubis mengatakan "Kemampuan BPJS untuk menjamin para pekerja adalah sebesar 18 juta jiwa, tapi yang ter-cover saat ini masih 1,5 juta jiwa" jelasnya.

Baca : CARA MENDAFTAR BPJS MELALUI INTERNET

BPJS memberikan tenggang waktu kepada semua badan usaha untuk mendaftarkan karyawan-nya hingga tanggal 1 Juli 2015. Apabila pada tanggal tersebut masih ada yang belum mendaftar akan di lakukan sanksi, mulai teguran, sampai tidak mendapatkan pelayanan publik. Ilyas menegaskan bahwa setiap pekerja baik karyawan kontrak maupun tetap wajib mendapatkan perlindungan dari BPJS.

Untuk besaran iuran pembagiannya adalah 8 persen dari gaji, yaitu 5 persen di tanggung perusahaan, 3 persen di tanggung oleh karyawan. Nantinya identitas dari karyawan tersebut akan terhubung dengan data di Kemendagri hingga ke Dispendukcapil. Sehingga apabila karyawan yang bersangkutan pindah tempat kerja ke perusahaan lain, kartu BPJS yang dimilikinya masih tetap berlaku dan iurannya akan di tanggung oleh perusahaan baru tersebut. (Yanuar Yudha)

Berita Menarik Lainnya : 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar