Pemkot Akan Berikan Perlengkapan Sekolah Bagi Siswa Miskin

Swaraguna - Bagi siswa tidak mampu yang akan bersekolah di sekolah negeri bisa melalui jalur mitra warga. Untuk jalur mitra warga, pemkot Surabaya memberikan kuota sebesar 5 persen dari seluruh pagu sekolah. Bila lolos maka siswa akan mendapatkan jatah seragam, sepatu, tas dan alat tulis, yang anggarannya berasal dari APBD Kota Surabaya. Perlengkapan sekolah ini akan di berikan setelah siswa melakukan daftar ulang, sehingga pada saat masuk sekolah, fasilitas tersebut bisa di kenakan.

Untuk bisa mendaftar melalui jalur mitra warga ini, setiap calon siswa wajib mempersiapkan persyaratan berupa fotokopi kartu keluarga, Surat Keterangan Miskin (SKM) dan fotokopi data keluarga. "Untuk perlengkapan dokumen bisa di siapkan mulai sekarang" jelas Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Iksan. 
Setelah semua dokumen masuk, tim PPDB akan melakukan verifikasi dengan mendatangi satu per-satu rumah siswa. Hal ini mutlak di lakukan untuk menilai apakah siswa tersebut layak atau tidak untuk mengikuti seleksi jalur mitra warga. Verifikasi ini sangat penting , agar pemberian fasilitas ini jatuh ke orang yang tepat. Selain itu, faktor lokasi juga menentukan, dalam artian, semakin dekat rumah dengan sekolah, maka kesempatan di terima juga semakin besar.

Mitra warga ini berbeda dengan program pemerintah pusat yang di sebut Kartu Indonesia Pintar (KIP). "Kalau KIP bentuknya dana tunai, jadi untuk siswa Surabaya selain mendapatkan fasilitas dari pemkot, dia juga mendapatkan uang tunai dari pemerintah pusat" tutur iksan. (Yanuar Yudha)  

Berita Menarik Lainnya :
Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri
PPDB Jalur Sekolah Kawasan untuk SMPN dan SMAN
SNMPTN Melalui Jalur Undangan
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar