Semarak Acara di Festival Kalimas Surabaya

Semarak Acara di Festival Kalimas Surabaya

Swaraguna - Sabtu 16 Mei 2015 ada pemandangan manarik tersaji di Kalimas Surabaya. Tampak beberapa perahu melaju hilir mudik di sungai paling legendaris di Kota Surabaya ini. Perahu Naga, Perahu Sampan, hingga Kano tampak menghiasi pemandangan Kalimas di malam hari. 

Para pendayung yang berada di atas-nya tidak kalah unik. Mereka menggunakan beragam kostum, mulai kostum romawi, kostum pocahontas, kostum Bali hingga kostum Papua. Semua kemeriahan dan keunikan ini mereka tampilkan demi menyemarakkan Ulang tahun Surabaya ke -722.

Karena di selenggarakan pada malam hari, maka sekitar Kalimas yang biasanya gelap di sulap menjadi terang. Beberapa lampu sorot di pasang di tepi Kalimas agar para pendayung tidak kesulitan mengemudikan perahunya. Pemasangan lampu juga melibatkan pihak lain seperti di jembatan belakang Surabaya Plaza, terdapat satu unit Mobil Pemadam Kebakaran yang menyorotkan lampu-nya ke Kalimas. "Biar penonton bisa melihat lebih jelas mas" jelas salah satu petugas pemadam kebakaran.

Baca : Festival Rujak Uleg Diwarnai Perang Kostum

Acara festival ini di buka langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada pukul 18.45 wib. Setelah memberikan sambutan, Walikota Perempuan ini langsung menaiki perahu untuk memimpin parade kostum dengan rute Monkase - taman Prestasi - Monkasel. Untuk memperindah perahu, peserta juga melengkapi perahunya dengan lampu led berwarna-warni.
Walikota Surabaya membuka Festival Kalimas
Tampak antusiasme penonton yang ingin menyaksikan Festival Kalimas ini, memadati pinggir sungai dan jembatan yang merupakan rute dari perahu hias ini. Ririn, salah satu warga kota yang sempat di wawancara Swaraguna mengatakan bahwa dia dan keluarganya sudah mengetahui sejak seminggu yang lalu tentang acara ini. "Sayang acaranya kurang greget mas, perahune kurang rame"tuturnya. "Mungkin karena ini baru pertama kali ya, semoga untuk tahun-tahun ke depan acara ini tetap di selenggarakan dan bisa lebih banyak lagi perahunya"harapnya. (Yanuar Yudha) 

Berita Menarik Lainnya :


 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar