Tips Merencanakan Anggaran Pendidikan Anak


Merencanakan Anggaran Pendidikan Anak

Swaraguna - Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan tidaklah murah. Semakin tahun, biaya pendidikan anak semakin naik. 
Sebaiknya, orang tua membuat anggaran pendidikan anak supaya dana yang dikeluarkan untuk pendidikan sesuai dengan gaji yang diterima. Berikut tips nya :

Siapkan Budget Sedini Mungkin
Ini dapat dilakukan misal sejak anak lahir mulailah untuk menyisihkan uang atau menabung untuk masuk sekolah. Dengan melakukannya sejak dini, akan jauh terasa lebih ringan dibanding dengan menyiapkan dana dengan waktu yang singkat.

Kenali Bakat, Minat dan Cita-cita Anak
Setiap anak memiliki keistimewaan tersendiri, tugas orang tua adalah mengenalinya. Dengan mengenali bakat anak, orang tua dapat mengarahkan cita-cita anak.

Memilih Sekolah Yang Tepat
Rencanakan apakah memilih sekolah negeri, swasta atau bahkan keluar negeri. Sesuaikan dengan bakat, minat dan cita-cita anak. Tentu saja wajib untuk menyesuaikan budget yang ada serta lingkungan belajar yang tepat untuk anak.

Menghitung Target Anggaran Pendidikan yang Dibutuhkan
Carilah informasi besar biaya disekolah yang diinginkan, bisa melalui sekolah itu sendiri, teman dan kerabat ataupun melalui internet. Hitung biaya beberapa tahun kedepan sesuai dengan waktu masa sekolah.

Baca : Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri

Samakan Prioritas dengan Pasangan
Kesepakatan antara suami istri dalam menentukan pendidikan anak sangatlah penting. Dengan menyusun skala prioritas biaya, tentu saja akan mempengaruhi biaya yang dianggarkan untuk keperluan lainnya.

Pertimbangkan Investasi
Selain menabung secara individual, ada beberapa alternatif lain seperti tabungan pendidikan. (Rizki Rahmadianti)

Artikel menarik lainnya :
Bimbel Anak Gratis di Perpustakaan Rungkut

 

 


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar