Umbulan Macet, Surabaya Di Hantui Krisis Air

Swaraguna - Memasuki musim kemarau ini, Surabaya sedang di khawatirkan oleh pasokan air bersih bagi warga kota-nya. Kekhawatiran akan krisis ini disebabkan oleh mandeknya pasokan air bersih dari mata air Umbulan Pasuruan. Hingga saat ini pasokan mata air ini hanya sampai daerah Gedangan, Sidoarjo. Hal ini di karenakan semakin bertambahnya perumahan-perumahan di daerah Sidoarjo. 

PDAM sendiri saat ini hanya mengandalkan dua instalasi yang ada di Ngagel dan Karang Pilang untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Surabaya. Kedua instalasi ini mempunyai kapasitas hingga 9000 liter/detik.Untuk mata air Umbulan, kapasitasnya setara dengan kedua instalasi air tersebut. Umbulan ini sebenarnya adalah aset warisan Belanda yang di gunakan untuk mengalirkan air bersih dari daerah Sidoarjo ke Surabaya untuk melayani kebutuhan air bagi warga Belanda yang ada di Surabaya.
Saat ini PDAM Surabaya atelah mempunyai 11 rumah pompa, tetapi baru beberapa yang di lengkapi oleh reservoir , yaitu Pradah, Putat Gede, Wonokitri, Ketegan dan Krembangan. Hingga tahun 2018 nanti PDAM akan menambah reservoir hingga 20 buah. Diharapkan dengan penambahan reservoir ini pelayanan PDAM kepada warga bisa maksimal, Karena hingga saat ini masih ada sekitar 7 persen daerah yang belum terjangkau oleh PDAM. Daerah tersbut adalah perumahan baru seperti daerah Sombo, Gunung Sari dan Romokalisari. "Reservoir ini seperti tandon, jadi air di tampung dahulu di reservoir, sehingga tekanannya bisa bagus dan alirannya lancar" jelas Sekretaris PDAM Surya Sembada Sayyid M.Iqbal. (Yanuar Yudha)    

Berita Menarik Lainnya :
Gebyar Diskon 50% Pasang baru PDAM
Bank Jatim Buka kantor Pelayanan Di Kecamatan Gunung Anyar
Proyek Pemasangan Box Culvert Di Raya Rungkut Menanggal


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar