Aturan Baru Untuk pendaftaran Haji

Aturan Baru Untuk Pendaftaran Haji
Swaraguna - Saat ini Kementrian Agama di bawah kepemimpinan Lukman Hakim Syaifuddin mengeluarkan beberapa regulasi baru terkait dengan ibadah haji. Aturan tersebut di tuangkan dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) no. 29 tahun 2015 tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler. Aturan ini untuk mensiasati antrian haji yang sudah sedemikian panjang.
Peraturan baru yang pertama adalah pembatasan usia minimal untuk pendaftaran ibadah haji. Kemenag mensyaratkan minimal pendaftaran untuk ibadah haji adalah usia 12 tahun. Pertimbangan dari di keluarkannya regulasi ini adalah masalah kematangan umum (baliq). Apabila anak di daftarkan pada usia 12 tahun, dengan masa tunggu 10 tahun maka pada saat pelaksanaan ibadah haji usia anak sudah mencapai 22 tahun. Pada usia tersebut sang anak tentunya sudah paham akan hukum-hukum agama serta rukun-rukun dari ibadah haji.

Peraturan yang kedua adalah batasan bagi yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji. Apabila seseorang ingin melaksanakan ibadah haji yang ke 2 dan ke seterusnya, maka harus menunggu selama 10 tahun terlebih dahulu. Hal ini mutlak di lakukan karena masa tunggu yang sudah terlalu panjang. bahkan di Sulawesi Selatan masa tunggunya bisa mencapai 25 tahun. "Jadi bisa di bayangkan bagaimana kalau tidak di lakukan pembatasan" tutur Sekretaris Kendral Kemenag, Nur  Syam. (Yanuar Yudha)

Berita Menarik Lainnya :
Masa Antri Haji Surabaya 17 Tahun.
Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dan Beasiswa Penuh 2015
Yayasan Nurul Hayat Lembaga Ummat yang Mandiri
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar