E-KTP Berlaku Seumur Hidup

E-KTP Berlaku Seumur Hidup

E-KTP Berlaku Seumur Hidup

Swaraguna - Pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru mengenai E-KTP. Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Surabaya Joni Iskandar menyatakan bahwa semua E-KTP yang telah di distribusikan kepada warga sudah di tetapkan untuk berlaku selama se-umur hidup. "Meskipun E-KTP yang di miliki warga tertera tanggal kadaluarsa, E-KTP itu telah di berlakukan untuk pemakaian se-umur hidup" Jelas Joni. 

Baca : Pembuatan E-KTP

Saat ini apabila ada warga berusia 17-tahun dan baru mengurus E-KTP, maka di KTP-nya sudah tercantum keterangan berlaku se-umur hidup. Sekarang pemkot sedang dalam tahap sosialisai kepada semua instansi yang ada, seperti perbankan, asuransi serta instansi perizinan yang lainnya. 

Joni menjelaskan bahwa peraturan ini di buat demi penghematan dan efisiensi, karena proses E-KTP ini di danai menggunakan APBN. Mulai blanko hingga mesin cetak semuanya di lakukan terpusat, sehingga proses pembuatan E-KTP ini sangat membutuhkan waktu. "Hal inilah yang terkadang menyebabkan proses E-KTP sangat membutuhkan waktu yang lumayan lama" terang Joni.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.112 tahun 2013 di jelaskan bahwa identitas kependudukan harus di lakukan secara online. Identitas ini adalah E-KTP yang di dalamnya telah tertanam chip sebagai identitas resmi. Apabila nantinya terdapat perubahan alamat, pekerjaan dan status pernikahan bisa  mengurus di Kecamatan masing-masing. Tetapi apabila perubahan data menyangkut identitas primer, seperti nama, tempat tanggal lahir maka harus di urus di Dispendukcapil. (Yanuar Yudha)   

Berita Artikel Terkait : 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar