Kantor Pertanahan Terapkan Pelayanan Maksimal

Kantor Pertanahan Terapkan Pelayanan Maksimal

Kantor Pertanahan Terapkan Pelayanan Maksimal

Swaraguna - Apa yang ada di bayangan kita bila akan mengurus surat tanah di Kantor Pertanahan (dulu BPN). Rumit, ribet dan prosesnya butuh waktu yang sangat lama, bahkan bisa sampai tahunan. Hal inilah yang saat ini sedang di rombak oleh kantor yang selalu berurusan dengan surat tanah ini. Saat ini Kantor Pertanahan II Kota Surabaya yang berlokasi di Jalan krembangan barat ini sedang menerapkan pelayanan One day service. Pelayanan ini bisa di gunakan warga untuk meningkatkan surat hak guna bangunan menjadi hak milik.
Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, Naizum, menjelaskan bahwa program ini diharapkan bisa menjawab semua keluhan masyarakan tentang pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya. "Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Surabaya" jelasnya.

Dahulu proses peningkatan hak guna bangunan ke hak milik membutuhkan waktu seminggu lebih, bahkan bisa lebih lama lagi bila berkas yang di urus tiba-tiba terselip. Jadi harus di pantau terus setiap hari. Hal inilah yang kemudian banyak di keluhkan oleh warga. Kepala Seksi hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Lampri menjelaskan bahwa terdapat beberapa sistem yang telah di rubah agar pelayanan menjadi lebih cepat. Pertama, adalah pelimpahan wewenang yang sebelumnya dari kepala ke bagian loket sehingga waktu persetujuan berkas menjadi lebih cepat. Kedua, sistim penyimpanan buku tanah telah di rubah menjadi bentuk digital sehingga memudahkan dalam pencarian berkas.

Jam pelayanan Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, sekarang juga bertambah. Kalau biasanya hanya dari Senin hingga Jumat, sekarang hari Sabtu juga buka. Hal ini di maksudkan agar warga yang biasanya tidak memiliki waktu di hari kerja bisa mengurus surat tanah di hari Sabtu. Di harapkan dengan penambahan waktu pelayanan warga bisa mengurus secara mandiri tanpa melalui calo. (Yanuar Yudha) 

Berita menarik lainnya :
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar