Mengeluarkan Dahak Pada Balita


Mengeluarkan Dahak Pada Balita

Mengeluarkan Dahak Pada Balita

Swaraguna - Pada musim kemarau seperti ini, biasanya akan banyak debu yang beterbangan di sekitar kita. Hal ini akan mengakibatkan kita rentan terkena penyakit Infeksi Saluran pernafasan Atas (ISPA). Penyakit ini biasanya di sertai lendir yang membuat hidung kita tersumbat serta dahak yang mengganggu tenggorokan kita. 

Baca : Pemerintah Kampanyekan ASI Bagi Anak Usia Emas

Orang dewasa akan sangat mudah untukmengeluarkan dahaknya, tetapi bagaimana jika terjadi pada balita..?. Bakan sangat kesulitan mengeluarkan dahaknya, meskipun kita ajarkan caranya. Berikut sedikit cara bagaimana cara untuk mengeluarkan dahak pada sang buah hati anda :

Minyak Kayu Putih
1.Siapkan baskom berisi sedikit air panas dan tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih. Untuk perbandingan keduanya, bisa di kira-kira sendiri, pastikan aroma minyak kayu putih masih dominan.


Proses Penguapan
2. Posisikan anak anda dalam posisi kepala menghadap ke baskom (Posisi tengkurap). Ini adalah proses peng-uapan dengan tujuan buah hati kita dapat menghirup uap dari minyak kayu putih.  Perlu di Perhatikan: jaga tangan atau bagian tubuh balita anda agar tidak meraih baskom yang berisi air panas.
  

Cara Menepuk Punggung

3. Tepuklah dengan perlahan bagian punggung balita anda dengan posisi tangan seperti di atas (Teknik Cupping). Tepuklah pada bagian kanan dan kiri yang merupakan posisi dari paru-paru. Hidari menepuk pada area tengah, karena merupakan pusat syaraf.

Pada langkah ini biasanya balita anda akan meronta dan minta untuk di lepaskan. Biasanya kita sebagai orang tua akan merasa tidak tega dan akan menyudahi proses ini, tapi percayalah ini adalah proses yang paling aman dan alami untuk mengeluarkan dahak pada balita kita.


Dahak dan Lendir Akan Keluar
4. Setelah kurang lebih 10 menit maka dahak buah hati anda akan bisa keluar dari hidung (biasanya dahak keluar dalam bentuk gelembung). Segera bersihkan dahak atau lendir yang keluar lalu berikan punggung, dada dan telapak kaki balita dengan minyak kayu putih. Setelah itu maka balita anda akan bisa tidur dengan tenang. (Yanuar Yudha)

Berita Menarik Lainnya : 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar