Pelatihan Manajemen Finansial untuk UMKM Gunung Anyar

Pelatihan Manajemen Finansial untuk UMKM Gunung Anyar

Pelatihan Manajemen Finansial untuk UMKM Gunung Anyar

Swaraguna - 30 orang ibu-ibu anggota paguyupan UMKM Gunung Anyar pada hari Kamis 4 Juni 2015 yang lalu, berkumpul di pendopo kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Acara pertemuan rutin anggota UMKM ini, membahas tentang perlunya Melek Finansial sebagai salah satu pondasi untuk membangun bisnis.

Dengan menghadirkan pembicara Salim Suharis dari Rambu Finansial, acara yang berlangsung selama 2 jam ini mendapat respon yang cukup baik dari peserta. Dalam penjelasannya, Salim Suharis menjelaskan tentang perlunya manajemen finansial untuk pengembangan bisnis UMKM. 

Baca : Bandeng Tandu Yang bikin "Ke-candu-an"

Jika dianalogikan bisnis itu seperti sebuah permainan sepakbola, ada pembagian lini lapangan. Lini depan adalah bagian pemasaran yang bertugas menjual produk. Lini tengah adalah bagian produksi yang memerlukan SOP dan lini belakang yang bertugas mengamankan, yaitu manajemen finansial. "Permainan tetap akan kalah walaupun lini depan membuat 8 gol akan tetapi gawang sendiri kebobolan 9 gol",demikian penjelasan Salim Suharis tentang fungsi manajemen finansial dalam bisnis.

Manajemen finansial dapat pula dianalogikan sebagai cek medis kesehatan bisnis. Seseorang yang rajin melakukan cek medis secara rutin tentu saja akan mengetahui jika ada angka-angka indikator kesehatan yang mulai menunjukkan kondisi abnormal dan segera bisa melakukan penyembuhan dan pencegahan lebih awal.

Kelanjutan dari acara ini adalah pelatihan rutin yang diberikan secara gratis selama beberapa kali pertemuan sesudah hari raya tahun ini. Ada 10 orang anggota UMKM yang mendaftar pelatihan tersebut, dan masih terbuka untuk pendaftaran peserta baru. (Rizki Rahmadianti)

Berita menarik lainnya :
Ragam Oleh-Oleh Jajanan Khas Asli Surabaya
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar