Tingkatkan Minat Baca Surabaya Dirikan 1.008 TBM

Tingkatkan Minat Baca Surabaya Dirikan 1.008 TBM

Tingkatkan Minat Baca Surabaya Dirikan 1.008 TBM

Swaraguna - Surabaya benar-benar serius untuk mewujudkan dirinya menjadi kota literasi nasional. Hal ini tampak dengan di bangunnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang saat ini jumlahnya mencapai seribu lebih. Kedepan Badan Arsip dan Perpustakaan (Baperpus) Surabaya masih akan membangun lagi 28 TBM.

TBM di Kota Surabaya ini terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu TBM Perpustakaan Mini yang berjumlah 430 dan TBM Binaan yang jumlahnya mencapai 578. Pembina Outsourching dan Koordinator lapangan Baperpus Surabaya Sugeng Nirhayanto mengungkapkan bahwa TBM di surabaya ini hampir tersebar di seluruh wilayah, seperti RW, Kelurahan, Kecamatan Sekolah, Rumah Sakit bahkan Terminal. "Masih di lengkapi lagi oleh 4 mobil perpustakaan keliling" tutur Sugeng

Perpustakaan keliling ini yang paling di andalkan oleh Baperpus, karena bisa menjangkau ke seluruh daerah dan bisa di operasikan di manapun. Tiap hari mobil perpustakaan keliling ini selalu bergerak ke sekolah-sekolah maupun ke taman-taman yang tersebar di Kota Surabaya. "Jadwal sudah di rancang sedemikian rupa, jadi tinggal bergerak saja, biasanya pada Sabtu dan Minggu mobil ini akan berada di Taman Bungkul atau Taman Flora-Bratang" jelas Sugeng.  

Kepala Baperpus Surabaya Arini Pakistyaningsih menyatakan bahwa setiap tahun jumlah TBM akan semakin di tambah. " Kami akan terus menambah jumlah TBM untuk menjangkau seluruh Surabaya. serta yang tak kalah penting juga mengembangkan minat baca masyarakat juga" terangnya. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar