Waspada Daging Sapi Dioplos Daging Celeng

Waspada Daging Sapi Dioplos Daging Celeng 

Swaraguna - Beberapa hari ini warga Surabaya dikejutkan oleh maraknya berita daging celeng atau babi hutan yang dioplos dengan daging sapi yang banyak beredar di pasar Wonokromo Surabaya. Bahkan polisi sudah berhasil menggerebek gudang daging celeng yang ternyata telah beredar beberapa bulan di Surabaya.

Sebagai konsumen, memang harus waspada memilih produk yang baik, apalagi menjelang Ramadhan harga daging sapi naik sangat tinggi berkisar di harga 100rb per kilogram. Hal ini membuat rawan dengan adanya oknum yang mengoplos daging sapi dengan daging celeng. Daging celeng sendiri, di pasaran harganya berkisar 25rb per kilogram.

Awas.... Beras Palsu !!!


Ada beberapa ciri yang membedakan antara daging sapi dan daging celeng, antara lain :
1. Aromanya berbeda, daging celeng aromanya khas sdangkan daging sapi baunya anyir.
2. Warna daging sapi lebih terang dibanding dengan daging celeng.
3. Dari bentuk lemak, lemak pada daging sapi lebih kering dan berserat, sedangkan pada daging celeng lemaknya memiliki tekstur yang  elastis, basah dan sulit dilepas dari dagingnya.
4. Serat daging sapi lebih padat dan nampak garis seratnya terlihat jelas, sedangkan daging celeng memiliki serat yang samar dan garisnya renggang.

Memang tidak mudah bagi masyarakat awam membedakan antara daging sapi dan daging celeng apalagi jika kedua daging itu dioplos. Membeli daging ditempat yang telah dipercaya, memilih tempat penjualan dengan penerangan lampu yang terang sangat dianjurkan untuk menghindari salah beli daging. Selain waspada pula pada godaan tawaran penjual daging dengan harga yang lebih murah. (Rizki Rahmadianti)

Berita menarik lainnya :

 


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar