Abu Gunung Raung Mengguyur Kawasan Gunung Anyar Dan Sekitarnya

Abu Gunung Raung Mengguyur Kawasan Gunung Anyar Dan Sekitarnya
Swaraguna - Setelah selama 2 hari (16-17 Juli 2015) mengganggu jadwal penerbangan pesawat dan membuat masyarakat yang akan melaksanakan mudik sedikit kelimpungan, saat ini abu Gunung Raung benar-benar sampai ke pulau jawa secara fisik. Pada hari Selasa pagi, di bagian kota Surabaya yang berada di kawasan pesisir seperti Gunung Anyar, Rungkut dan sekitarnya di guyur abu Gunung Raung, meskipun tidak terlalu banyak.
Hal inilah yang di rasakan oleh warga perumahan Wisma Gunung Anyar (Wiguna) pada Selasa pagi. Pakaian yang mereka jemur terdapat butir-butir pasir tipis berwarna kehitaman. Begitu juha motor dan mobil  yang di parkir luar rumah terdapat pasir kehitaman tersebut. 

Bambang Setiajid selaku  Kasie Data dan Informasi BMKG Juanda menjelaskan bahwa saat ini abu vulkanik Gunung Raung menyebar hingga ke arah pulau Madura. " Hal ini merupakan imbas dari angin yang berhembus ke barat laut, yang paling parah terserang abu ini adalah wilayah madura, khususnya kota Sampang" tutur Bambang. Berdasarkan pengamatan abu Gunung Raung ini berwarna kehitaman berupa pasir tipis dan terasa kasar apabila di raba. Untuk menghindari efek buruk dari debu Gunung Raung di himbau para pengendara motor yang melintas di kawasan Gunung Anyar untuk menggunakan masker untuk beberapa hari.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar