Angin Kencang Di Surabaya Di Sebabkan Oleh Tiga Badai

Angin Kencang Di Surabaya Di Sebabkan Oleh Tiga Badai

Angin Kencang Di Surabaya Di Sebabkan Oleh Tiga Badai

Swaraguna - Sejak kemarin, beberapa kota di Jawa Timur, termasuk Surabaya di landa oleh tiupan angin kencang. Kecepatannya dua kali kecapata angin biasanya, jika kecepatan harian rata-rata angin di Surabaya 10 knot sampai 15 knot, maka kemarin bisa mencapai 20 Knot hingga 35 knot.

Baca : Cuaca Ekstrem Landa Surabaya

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Juanda, Bambang Setiajid menjelaskan bahwa pada dasarnya di bulan juli ini di Jatim berhembus angin muson timur yang kecepatannya lumayan tinggi yaitu 10 sampai 30km/jam, namun ketika ada pemicunya kecepatan angin ini bisa naik secara signifikan bahkan bisa naik menjadi 50km/jam. Kondisi ini di prediksi masih akan terjadi hingga akhir minggu ini.

Perlu di ketahui bahwa saat ini ada tiga buah badai yang sedang bergerak menuju ke wilayah bumi bagian utara yaitu STS (Severe Tropical Storm) LINFA, Typhoon (Topan) Chan-Hom dan Typhoon Nangka. Angin kencang di wilayah Jatim ini di pengaruhi oleh Typhoon Nangka yang terjadi di Filipina.

Untuk mengantisipasi angin kencang ini pemkot Surabaya melakukan atensi khusus terhadap pohon-pohon besar serta papan reklame di tempat umum. Tim pemerintah Kota Surabaya segera bergerak untuk memangkas sejumlah ranting pohon serta mengawasi papan reklame yang berukuran besar dan rawan tumbang.

Sementara itu, Eko Prasetyo Staf Informasi dan Data BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya memaparkan bahwa akibat angin kencang ini tinggi gelombang bisa mencapai 2,5m hingga 3m. "Kami menghimbau operator angkutan Lebaran laut untuk mewaspadai kecapatan dan tinggi gelombang yang terjadi" ingatnya. (Yanuar Yudha)   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar