Awas...Daging Sapi Busuk Beredar Di Jatim

Swaraguna - Anda penggemar kuliner Rawon ataupun Soto Daging...?. Mungkin anda sepatutnya tetap waspada terhadap daging yang di gunakan dalam olahan makanan tersebut. Saat ini di Jawa Timur telah banyak di temukan kasus daging sapi busuk yang di perjual-belikan. Bukannya di buang, daging yang sudah berwarna kehitaman dan beberapa bagiannya terdapat belatung tersebut masih di edarkan ke masyarakat. 
Kasus daging tak layak komsumsi ini, di temukan di kota Jombang dan Kediri. Di Jombang daging busuk di temukan oleh petugas Kepolisian dan Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Jombang di pasar tradisional ketika menggelar razia dadakan. Sebanyak 300kg daging sapi berwarna kehitaman ini di ambil dari dalam freezer. Di tengarai pedagang nekat menjual daging tersebut agar tidak merugi dan akan di buat campuran untuk rawon ataupun soto daging. Sementara itu di Kediri petugas gabungan menemukan kasus daging busuk ini di jalan KKO Harun.

Temuan kasus daging ini tentunya harus membuat masyarakat waspada apabila akan membeli daging sapi. Berikut perbandingan antara daging sapi yang segar dan daging sapi yang busuk.
Ciri Daging Sapi Busuk :
1.Jika baunya sudah tengik atau tidak menyenangkan, maka daging tidak layak konsumsi.
2.Daging busuk memiliki tekstur licin, yang menjadi tanda bahwa bakteri telah berkembang biak pada   permukaannya.
3.warna kebiruan, lemak sudah lembek, berlendir, dihinggapi lalat, dan tempat penjualannya kotor.

Ciri Daging Sapi Segar :
1.Dagingnya berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan.
2.Tekstur dagingnya kenyal.
3.Biasanya, daging sapi asli dijual dengan cara digantung. (Yanuar Yudha)
 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar