Gempa Bumi Terasa Sampai di Wilayah Gunung Anyar


Gempa Bumi Terasa Sampai di Wilayah Gunung Anyar

Swaraguna - Info dari BMKG, bahwa pada 26 Juli 2015 kemarin tepatnya pukul 14.05 WIB, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter terjadi di Samudera Hindia, 150 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Getaran gempa yang terjadi di kedalaman 10 kilometer ini dirasakan penduduk di Malang, Blitar, Kediri, Nganjuk, Surabaya dan Sidoarjo. Gempa ini dapat dirasakan oleh warga di wilayah Gunung Anyar selama beberapa detik. Di wilayah Gunung Anyar sendiri, gempa ini tidak menimbulkan kerusakan fisik maupun korban jiwa, hanya sempat membuat kaget warga yang sempat merasakan getaran gempa.

Baca : Cuaca Gunung Anyar Panas Menyengat

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan,  lokasi gempa berada pada zona subduksi atau pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia. Lokasi ini masih satu zona dengan gempa 5,7 SR yang terjadi Sabtu (25/7/2015) kemarin. Zona ini memang rawan gempa yang bergerak rata-rata 5-7 cm per tahun ke arah timur laut-utara.

Potensi gempa maksimum di Jawa Megathrust di selatan Jawa sekitar 8,1 - 8,2 SR. Dari Selat Sunda hingga Bali sepanjang jalur Jawa Megthrust tersebut baru di selatan Pangandaran (7,8 SR, tahun 2006) dan selatan Banyuwangi (7,8 SR, 1994) yang pernah terjadi gempa besar dan tsunami dalam kurun waktu 165 tahun terakhir.

Masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan. Gempa dapat terjadi tiba-tiba. Semoga gempa 6,3 SR tidak mempengaruhi peningkatan aktivitas Gunung Raung. (Rizki Rahmadianti)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar