Perubahan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Perubahan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Perubahan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Swaraguna - Terhitung mulai 1 Juli 2015 Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) beroperasi secara penuh. Perubahan yang cukup mencolok dalam perubahan peraturan BPJS ketenagakerjaan terbaru 2015 ini adalah tentang masa pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang sebelumnya bisa di cairkan setelah 5 tahun, sekarang menjadi 10 tahun.

Daftar BPJS Online Gak Ribet Antri

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa aturan terbaru ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No 46 Tahun 2015. Dengan adanya peraturan baru ini, maka peserta bisa mencairkan JHT setelah menjadi peserta BPJS selama 10 tahun, itupun hanya 10% saja sebagai persiapan awal dana pensiun dan 30% untuk pembiayaan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) rumah pertama. JHT ini bisa di ambil sepenuhnya setelah peserta berusia 56tahun. Sedangkan untuk  besaran iuran tetap sama yakni 5,7% per bulan.

Banyak keluhan berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk dari kalangan buruh yang akan menggelar demo besar-besaran untuk menyikapi peratutan terbaru BPJS ini. Sebagian besar mereka menyayangkan tidak adanya sosialisasi untuk perubahan aturan ini. Selain waktu pencairan JHT yang di keluhkan masyarakat adalah manfaat pensiun.   Pasalnya, jika mengacu pada besaran iuran 3 persen , maka manfaat yang akan diterima nantinya sekitar 3,4 juta rupiah untuk yang tertinggi, dan 300 ribu rupiah untuk yang terendah. Angka tersebut dinilai sangat tidak layak. (Yanuar Yudha) 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar