Puncak Arus Mudik Terminal Purabaya Bungurasih Pada H-1 Lebaran.

Puncak Arus Mudik Terminal Purabaya Bungurasi Pada H-1 Lebaran.

Puncak Arus Mudik Terminal Purabaya Bungurasih Pada H-2 Lebaran.

Swaraguna - Di bandingkan dengan stasiun kereta api dan Bandara Juanda, Terminal Purabaya Bungurasih akan terasa lebih ramai dan sesak oleh para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman. Hal ini di karenakan belum adanya fasilitas pembelian tiket secara online seperti halnya pesawat dan kereta api. Di dalam kawasan terminal-pun tidak bisa di bedakan antara penumpang dengan bukan penumpang, karena semua orang bebas masuk kedalam area terminal. 
Di prediksi puncak arus mudik di teminal Bungurasih akan terjadi pada H-2 sebelum Lebaran hingga pada H-1 Lebaran. Kepala UPTD Terminal Purabaya Bungurasih May Ronald menyatakan bahwa pada hari-hari biasa jumlah penumpang di terminal Bungurasih mencapai 29.000 per hari dan pada saat mudik nanti jumlah penumpang akan melonjak hingga 80.000 perhari. Dari jumlah armada bis yang berkisar 800 unit, nantinya akan di backup oleh bis cadangan sejumlah 120 bus pariwisata untuk melayani perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 30 bus Damri untuk perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Berdasarkan data yang ada pada tahun 2013 puncak arus mudik mencapai 91 ribu orang. Sementara 2014 turun menjadi 81 ribu orang. Hal ini dikarenakan sebagian penumpang telah ikut program mudik gratis yang di selenggarakan  beberapa instansi maupun pihak swasta.

Saat ini kondisi di terminal Bungurasih sedang dalam tahap renovasi untuk perbaikan ruang tunggu penumpang, kedepan diharapkan tidak ada lagi penumpang yang berjalan kaki di jalur bis. Semua penumpang akan naik dahulu ke lantai 2 lalu menuruni tangga untuk menuju bis yang sesuai dengan jurusannya.

Ronald menghimbau kepada para penumpang untuk tidak membeli tiket dari para calo. Belilah tiket pada kondektur bis secara langsung. "Kami menyediakan 2 posko mudik di Terminal Purabaya sebagai posko aduan jika terjadi pelanggaran. Penumpang bisa menghubungi call centre UPTD Terminal Purabaya di nomor 031-8531701 atau 8530192," jelasnya. (Yanuar Yudha)   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar