Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Mudik

tips-mempersiapkan-kendaraan-untuk-mudik

Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Mudik

Swaraguna - Lebaran sudah di depan mata, tetapi sholat terawih masih jalan terus kan...?. Sebelum hari Raya lebaran nanti mungkin sebagian besar dari umat muslim akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Ada yang menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Semuanya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang akan mudik lebaran dengan mobil pribadi persiapkanlah kendaraan anda sedini mungkin. Berikut beberapa persiapan yang bisa di lakukan.

1. Cek Kondisi Mesin.
Hal ini mutlak di perlukan, karena kendaraan anda akan melakukan perjalanan yang panjang dan membawa muatan yang berat. Jalur yang macet akan menambah beban kerja mesin, jadi lakukan pergantian oli yang baru agar mesin tidak mengalami overheating. Lakukan tune up secara menyeluruh meliputi adiator, tali kipas, aki, dan lain-lain. Beberapa alat perlengkapan mobil harus dibawa untuk berjaga-jaga jika mobil bermasalah di saat perjalanan. Tentunya kita tidak ingin perjalanan mudik keluarga kita terganggu karena mobil yang bermasalah.
2. Pengaturan Barang Bawaan
Pada waktu mudik bersama seluruh keluarga, barang bawaan kita berupa koper pakaian, oleh-oleh buat orang lain serta perlengkapan perjalanan akan sangat banyak. Tatalah barang bawaan dengan benar sehingga kita tetap nyaman di dalam kabin mobil. Kalau perlu gunakan roof rack agar tidak semua barang berada di dalam kabin mobil.
3. Peta Mudik.
Bawalah Peta Mudik Lebaran 2015 yang terbaru. Hal ini akan sangat berguna apabila kita akan melewati jalur-jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Saat ini kita juga bisa menggunakan gadget untuk melihat peta mudik, tetapi tidak bisa di andalkan 100% karena di khawatirkan ketiadaan sinyal internet akan menjadi masalah.
4. Persediaan Air Radiator
Ini untuk berjaga-jaga apabila di tengah kemacetan, tiba-tiba air radiator kita habis, maka kita akan dengan mudah mengisinya sehingga mesin mobil tidak overheat.
5. Bekal Makanan dan Minuman
Perjalanan yang panjang di sertai kemacetan yang parah akan senantiasa kita jumpai di jalan. Jika Maghrib sudah tiba sedangkan kita masih terjebak macet maka kita bisa berbuka di jalan terlebih dahulu.
6. Waktu Keberangkatan
Usahakan jangan terlalu siang di jalan. Karena panas matahari yang terik akan membuat stamina anda sekeluarga cepat lelah. Menurut pengalaman waktu terbaik adalah selepas subuh, selain udara masih segar, kondisi tubuh kita juga masih fit. Bisa juga berangkat pada malam hari, dengan catatan pengemudi harus dalam keadaan segar.
7. Dengarkan Informasi Radio
Kita tidak tahu kondisi jalan yang akan kita lewati, biasanya informasi mengenai arus mudik di siarkan melalui radio. Kita bisa memantau arus mudik sekaligus mendapatkan informasi jalur mudik yang lancar atau tengah padat. Anda bersama keluarga pun bisa menyiapkan diri jika harus ikut bermacet-macetan, atau bisa pula segera mencari jalur alternatif untuk terhindar dari macet.
8. Persiapkan Kondisi Tubuh
Perjalanan yang jauh dan melelahkan tentunya harus di barengi dengan kondisi tubuh yang prima. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika sudah merasa lelah atau mengantuk. Berhenti sejenak di pos mudik yang banyak tersebar di beberapa tempat adalah pilihan yang sangat bijak untuk sekedar beristirahat dan mengambalikan kondisi tubuh serta memeriksa kendaraan kita. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar